4 Hal Yang Perlu Dilakukan Saat Menjalani Program Hamil

0
316
ilustrasi foto: pixabay

PARENTINGISLAM.ID – – Jika bunda sudah memilih dan mengikuti program hamil untuk bertemu si buah hati, ada beberapa hal yang perlu bunda lakukan dan perhatikan seperti di bawah ini.

  1. Rutin Olahraga

Menjadikan olahraga sebagai kebiasaan teratur selama menjalani program hamil bisa membantu bunda merasa lebih baik di sepanjang kehamilan dan memiliki stamina yang lebih sehat menjelang proses persalinan.

Olahraga bahkan bisa meningkatkan kesuburan bila bunda menjalani program hamil. Bunda bisa berolahraga secara rutin dan mencari tahu jenis olahraga yang paling baik untuk program hamil yang dijalani.

  1. Memperhatikan Nutrisi yang Dibutuhkan

Penting untuk memperhatikan nutrisi yang masuk ke tubuh bunda saat menjalankan program hamil. Salah satu yang penting adalah asam folat.

Menurut jurnal The National Center for Biotechnology Information, asam folat adalah bentuk sintetis vitamin B9 yang merupakan nutrisi penting guna replikasi DNA dan sebagai substrat untuk berbagai reaksi enzimatik yang terlibat dalam sintetis asam amino dan metabolisme vitamin.

Usahakan untuk mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mg per hari, terutama untuk triwulan pertama. Asam folat yang kaya akan vitamin B ini bagus untuk perkembangan otak janin.

Asam folat bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayuran hijau, kuning telur, dan kacang-kacangan.

  1. Hindari Kafein

Selama ini bunda tidak bisa hidup tanpa kafein? Jika iya, saatnya untuk mengurangi atau menghindari mengonsumsi kafein ketika menjalankan program hamil, seperti yang terdapat dalam teh dan kopi.

Usahakan untuk tidak mengonsumsi kafein lebih dari 200 miligram per harinya.

  1. Hindari Ikan Laut

Kebanyakan ikan laut mengandung merkuri tinggi sehingga sebaiknya bunda hindari saat menjalankan program hamil. Beberapa jenis ikan yang sebaiknya dikurangi adalah ikan tuna putih, ikan pedang, dan ikan makarel. [ ]

Sumber: orami.co.id

5

Redaksi: admin

932