Agar Anak Mau Menolong dan Berbagi Dengan Temannya, Jelaskan Ini Manfaatnya

0
824
ilustrasi foto: freepik

PARENTINGISLAM.ID – – Tolong menolong dan peduli kepada sesama manusia khususnya sesama muslim adalah salah satu perintah dalam syariat Islam. Sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang tidak lepas dari bantuan orang lain.

Untuk itu sebagai muslim kita diperintah untuk saling membantu dan peduli. Jika ada kesusahan maka hendaknya kita saling meringankan. Demikian juga jika ada teman atau saudara yang sedang membutuhkan bantuan baik materi mau pun tenaga maka sebisa dan semampu kita harus membantunya.

Akhlak dan sifat mulia ini juga harus ditanamkan kepada anak-anak sejak dini. Sehingga anak-anak tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang peduli kepada saudaranya.

Lalu bagaimana jika anak-anak bertanya mengapa kita harus peduli dan membantu orang lain? Setidaknya penjelasan dan teladan dari Rasulullah Saw yang  terdapat dalam hadits yang valid dari Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

وَاللهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيهِ

Dan Allah akan senantiasa meonolong hamba-Nya ketika hamba-Nya tersebut menolong saudaranya.” (HR. Muslim no. 2699)

Maka itu selain tuntutan kemanusiaan, sifat menolong orang lain adalah bagian dari ibadah dan ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya. Jadi ayah bunda ajari sifat peduli kepada ananda sejak dini. [ ]

5

Redaksi: admin

923