Tips Tingkatkan Konsentrasi Belajar Anak di Tengah Pandemi Covid-19

0
387

PARENTINGISLAM.ID – – Masa pandemi Covid-19 memaksa para orang tua untuk menjadi guru bersama anak-anak di rumah. Di satu sisi, orang tua juga sudah menjadi keharusan untuk membantu anak belajar di rumah. Apalagi, anak suka kehilangan konsentrasi ketika belajar, baik di sekolah maupun di rumah.

Sulitnya anak berkonsentrasi tentu dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik yang disebabkan oleh faktor eksternal atau dari internal dalam diri anak. Oleh karena itu, orang tua perlu mempelajari penyebab anak sulit berkonsentrasi dengan baik.

Praktisi Pendidikan Senior S.R Parvati Sjahrir mengatakan masalah konsentrasi pada anak  bisa dilihat ketika mereka telah masuk ke dalam dunia pendidikan seperti mulai usia 2 sampai 3 tahun. Semisal dari pendidikan anak usia dini sudah bisa terlihat masalah anak yang sulit konsentrasi.

 “Anak-anak mudah buyar konsentrasi ketika di sekolah, sehingga cepat pula lupa ketika tengah mengerjakan sesuatu. Paling sering anak itu tidak memperhatikan instruksi para guru,” katanya yang dikutip dari akun instagram @buumiplayscape.

Ia menambahkan orang tua perlu memperhatikan masalah konsentrasi anak agar bisa meminimalisir dampak jangka panjang pada anak. Menurutnya orang tua perlu memperhatikan faktor internal pada anak seperti memperhatikan kualitas tidur mereka yang cukup. Serta memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh mereka. Sementara untuk faktor eksternal juga perlu diperhatikan oleh orang tua. Biasanya yang mengganggu konsentrasi anak berpengaruh dari lingkungan mereka yang penuh distraksi

Karena itu, S.R Parvati Sjahrir menyarankan pada orang tua untuk  memastikan kebutuhan fisiologi anak yang tercukupi, seperti dari nutrisi, rasa aman, waktu dan istirahat yang cukup. Ia juga mengatakan perlu melakukan kegiatan yang bervariasi yang seimbang. Kegiatan ini bisa berupa kegiatan atas inisiatif anak dan kegiatan yang berasal dari inisiatif orang tua.

Tak hanya itu, orang tua juga perlu memberi waktu untuk anak dalam berkegiatan di luar rumah agar mereka dapat melakukan relaksasi tubuh. Dan perlu juga menerapkan jadwal rutin yang sederhana dalam memudahkan aktivitas sang anak.

“Tak kalah penting orang tua juga mengusahakan agar lingkungan di sekitar anak tidak menimbulkan banyak distraksi,” ujar Kepala sekolah Taman Bermain Kepompong.[ ]

Sumber: akurat.co

5

Redaksi: admin

897