Adab Bersin dan Doanya, Ini Yang Harus Diajarkan Pada Anak

0
346

PARENTINGISLAM.ID – – Bagi seorang yang beriman maka meyakini bahwa apa yang diterimanya adalah karunia dari Allah Swt termasuk masalah bersin. Maka sebagai seorang muslim semua ada adabnya termasuk dalam hal bersin ini.

Seperti yang sampaikan dalam sebuah riwayat yang disampaikan oleh Abu Hurairah Ra ,

Bahwasannya Rasulullah Shallahu Alaihi Wasallam jika bersin beliau meletakkan tangannya atau pakaiannya di atas mulutnya, dan dengannya beliau memelankan suara (bersin)” (HR.Tirmidzi)

Dari hadits di atas, Al Munawi menyimpulkan bahwa Rasulullah menahan suara bersin dengan menutup mulut dengan tangan atau baju, dalam riwayat lain menutup wajah.

Rasulullah juga tidak berteriak ketika bersin sebagaimana dilakukan oleh kebanyakan manusia awam. Hal ini merupakan bagian dari adab, dimana manusia tidak suka mendengar suara bersin atau menyaksikan ingus.

Sementara doa ketika bersin dan yang  mendengarnya sebagai berikut:

Orang yang bersin mengucap: Alhamdulillah (Segala Puji hanya milik Allah) daan yang mendengarnya mengucap: Yar Hamukallah  (semoga Allah mengasihimu) yang kemudian dibalas kembali oleh yang bersin dengan mengucap:Yahdikumullah Wa Yushlihu Baalakum (semoga Alloh memberi hidayah padamu dan memperbaiki urusanmu).” (HR. At-Turmudzi)

Untuk itu seorang muslim itu senantiasa menghindari hal yang sia-sia dan selalu produktif dengan amal saleh termasuk saat bersin sekali pun. [ ]

5

Redaksi: admin

896