Cara Mengatasi Anak Yang Suka Bohong, Coba Lakukan 5 Hal Ini

0
466

PARENTINGISLAM.ID – – Berbohong adalah salah sifat buruk dan tidak terpuji. Dimana pun dan dalam lingkungan apa pun sifat bohong ini tidak bisa diterima bahkan sangat dibenci dan hindari semua orang.

Untuk itu sifat bohong harus dijauhi dan dihindari. Maka sejak dini anak-anak harus diajarkan untuk berkata dan berbuat jujur serta yang utama tidak berbohong.

Namun ketika ayah dan ibu telah mendapati Si Kecil suka berbohong, ada beberapa tips yang bisa dicoba agar Si Kecil mengubah kebiasaan buruknya itu dan mau bersikap jujur:

  1. Cobalah untuk mengajarkan atau mencontohkan sikap kejujuran pada anak. Hindari memberinya harapan atau janji yang mungkin tidak bisa ayah atau ibu tepati. Ketika merasa belum mampu untuk membelikan mainan kesukaan anak atau mengajaknya jalan-jalan, sebaiknya jujur dan katakan alasan yang sebenarnya.

  2. Bantu anak menghindari situasi yang membuatnya merasa perlu berbohong. Misalnya, jika anak menumpahkan susu dan ibu bertanya apakah dia melakukannya, dia mungkin tergoda untuk berbohong. Untuk menghindari situasi ini ibu bisa mengatakan, “Wah, kakak/adik tidak sengaja numpahin susu ya, yuk, bersihkan bareng-bareng”

  3. Cerita “hebat” dengan membual bisa menjadi cara anak untuk mendapatkan kekaguman atau rasa hormat dari orang lain. Jika hal ini sering terjadi, cobalah untuk sering memuji anak, misalnya, ketika dia mempelajari sesuatu yang baru. Ini dapat membantu meningkatkan harga diri Si Kecil.

  4. Pastikan ayah dan ibu punya aturan dan konsekuensi yang jelas tentang perilaku yang dapat diterima di keluarga.

  5. Ketika anak mengaku melakukan sesuatu yang salah, berikan pujian karena mereka telah berusaha jujur. Katakan hal-hal seperti, “ibu sangat senang sekali, kakak/adik mau jujur​​’. Ini mengirimkan pesan bahwa ibu tidak akan marah ketika anak melakukan sesuatu.

  6. Bacakan buku atau cerita tentang kejujuran pada anak. Terkadang, cerita yang mengandung pesan moral dikemas menarik, sehingga akan lebih melekat dalam otak anak.

Demikian beberapa hal yang dapat ayah bunda lakukan agar ananda terhindari dari sifat bohong sejak kecil. [ ]

5

Redaksi: admin

896

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini