Agar Ginjal Sehat, Anjurkan Anak Rajin Makan 7 Sayuran Ini

0
100

PARENTINGISLAM.ID – – Salah satu organ paling penting di tubuh manusia adalah ginjal. Organ ini berperan sentral karena berfungsi mengeluarkan limbah dari darah serta mengatur kadar cairan dalam tubuh. Maka itu, sangat penting menjaga ginjal tetap sehat dan berjalan lancar.

Salah satu cara menjaga kesehatan ginjal adalah mengonsumsi berbagai sayuran. Sayuran sendiri sejak lama diyakini sangat baik untuk kinerja ginjal.

Kemudian Anda juga harus menghindari makanan olahan yang mengandung natrium dan lemak jenuh dalam jumlah banyak. Itu bisa menjadi langkah awal dalam merawat ginjal.

Seperti dilansir Boldsky, berikut tujuh sayuran yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan ginjal.

  1. Bawang Putih

Bawang putih banyak dijumpai sebagai tambahan makanan, namun jangan kesampingkan manfaatnya, karena dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal secara keseluruhan lewat sifat diuretiknya yang menghilangkan natrium dan air berlebih dari tubuh Anda.

  1. Kubis

Sayuran ini mengandung phytochemical yang dapat membantu memecah radikal bebas yang dapat merusak tubuh. Selain itu, kubis juga kaya akan kandungan vitamin K, vitamin C, serat, vitamin B6, dan asam folat yang baik.

  1. Paprika Merah

Salah satu jenis paprika ini dikenal sebagai sayuran yang aman bagi ginjal karena adanya kandungan potasium yang rendah.

  1. Bayam

Sayuran hijau ini merupakan sumber vitamin A yang sangat baik. Vitamin ini diperlukan untuk produksi jaringan epitel yang sehat serta melapisi tabung penyaringan kecil di dalam ginjal dan saluran kemih.

  1. Kembang Kol

Salah satu jenis sayuran yang mudah didapat ini memiliki manfaat sebagai bahan tambahan dalam makanan yang bagus dimasukkan ke menu diet Anda. Kembang kol mengandung asam folat dan serat sehingga dapat membersihkan ginjal.

  1. Bawang

Bawang kaya akan kandungan senyawa belerang dan flavonoid. Selain itu, bawang juga mengandung quercetin, yaitu salah satu antioksidan kuat yang berfungsi mengurangi risiko penyakit jantung dan melindungi tubuh dari kanker.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah sumber vitamin A, C, betakaroten, vitamin B-6, serat, dan kalium yang sangat baik. Lalu ada kandungan kalium dalam ubi jalar dikenal dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh.[ ]

5

Redaksi: admin

934

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini