Doa Sebelum dan Sesudah Makan, Ini Yang Harus Diajarkan Pada Anak

0
159

PARENTINGISLAM.ID – – Makan dan minum adalah aktivitas harian dalam hidup kita. sebagai seorang yang beriman maka semua aktivitas harus menjadi ladang dan diniatkan untuk ibadah, termasuk saat makan dan minum yakni dengan berdoa.

Ini beberapa doa dan adab makan yang harus diajarkan kepada anak-anak agar menjadikan kebiasaan yang bernilai ibadah serta tanda bersyukur kepada Allah Swt,

  1. Sebelum Makan

Bismillaah

Dengan menyebut nama Allah.” (H.R. Tirmidzi)

Bismillaahi awwaluhu wa akhiiruhu

Dengan menyebut nama Allah, yang pertama dan terakhir.” (H.R. Tirmidzi)

Allahumma baarik lanaa fiimaa razaktanaa waqinaa ‘adzaabannaar

Ya Allah berkahilah kami atas apa yang telah Engkau rezekikan kepada kami, dan jagalah kami dari siksa api neraka.” (H.R. Ahmad dan Malik)

2.Sesudah Makan

Alhamdulillaahil ladzii ath‘amanaa wasaqaanaa waja‘alanaa minal muslimiin

Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum dan menjadikan kami termasuk golongan kaum muslimin.” (H.R. Tirmidzi)

 

Allahumma ath‘amta wa asqaita wa aghnaita wa aqnaita wahadaita wa ahyaita falakal hamdu ‘alaa maa a‘thaita

Ya Allah! Engkaulah yang telah memberi kami makan, memberi kami minum, memberi kami kecukupan, memelihara kami, memberi petunjuk kepada kami, dan menghidupkan kami, maka segala puji untuk-Mu atas apa yang telah Engkau berikan.” (H.R. Ahmad)

Dzikir sebelum makan tadi, atau lebih dikenal dengan doa sebelum makan, terdapat dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Tirmidzi. Rasulullah Saw. bersabda, “Jika seseorang di antara kamu hendak makan, sebutlah asma Allah, jika lupa untuk menyebut asma Allah pada saat hendak makan, hendaklah mengucapkan ‘Bismillaahi awwalahu wa aakhirahu.’” Umar bin Abu Salamah berkata, “Ketika masih kecil dan berada di rumah Rasulullah Saw., aku pernah makan dengan tangan ke sana kemari mengambil makanan dari piring, lalu Rasulullah menegurku, ‘Wahai anakku! Sebutlah asma Allah dan makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah dari apa yangterdekat darimu,’ cara makanku berubah sejak saat itu.” (H.R. Bukhari)

5

Redaksi: admin

907

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini