Mengatasi Anak Yang Bertengkar, Ayah Bunda Lakukan Cara Ini

0
167

PARENTINGISLAM.ID – – Pertengakaran antar saudara atau kakak dan adik memang sudah menjadi halk yang wajar. Dari pertengkaran kecil, sampai pertengkaran besar, pasti ada saja yang diributkan. Namun tak jarang pertengkaran ini membuat orang tua pusing menanganinya, apalagi jika keduanya tidak mau mengalah.

Kalau sudah begini, orang tua akan mengeluarkan jurus marah-marahnya dan memaksa mereka mengalah. Namun, cara tersebut tidaklah benar.

Jika orang tua memaksakan salah satu dari mereka mengalah, mereka akan tersinggung. Mereka akan menganggap bahwa orang tuanya tidak adil. Untuk itu, orang tua ditutuntut bersikap bijak saat mendamaikan kakak-adik yang sedang bertengkar.

Sebelum ke cara-caranya, ada baiknya untuk menjawab pertanyaan yang selama ini banyak ditanyakan orang tua tentang pertengkaran kakak-adik.

Apakah Pertengkaran Kakak-Adik itu Wajar?

Dilansir dari schoolofparenting.com, menurut penelitian, ternyata anak dengan usia 2-9 tahun memang sering bertengkar dengan saudaranya. Rata-rata anak bertengkar selama 8 kali dalam satu jam. Tapi, orang tua tidak perlu khawatir karena biasanya pertengkaran tersebut hanya berlangsung selama 45 detik saja.

  1. Apa Yang Menyebabkan Pertengkaran Kakak-Adik?

Biasanya penyebab seringnya kakak-adik bertengkar adalah karena adanya kecemburuan antar saudara atau sibling rivalry. Paskalia Marlina Lumban Batu, S.Psi, M.Psi, menjelaskan bahwa sibling rivalry ini muncul karena anak berusaha memperebutkan perhatian orangtua.

Ditambahkan oleh Jennifer Shroff Pendley, PhD, seorang psikolog sistem kesehatan anak, kecemburuan ini akan menumpuk yang akhirnya akan menimbulkan pertengkaran. Oleh karena itu, orang tua bisa mendamaikan kakak-adik yang sering bertengkar dengan cara berikut.

  1. Jangan Marahi Anak

Saat anak bertengkar, seringkali respon pertama yang dilontarkan orang tua adalah marah. Namun, cara tersebut tidaklah benar. Tugas orang tua adalah membantu mereka menyelesaikan masalahnya tanpa berpihak hanya ke salah satu anak. Usahakan untuk tetap tenang dan netral sambil mencari jalan keluar masalah mereka.

  1. Beri Bimbingan

Sebagai orang tua, sudah seharusnya menyikapi segala sesuatu dengan bijak. Saat kakak-adik bertengkar, beri mereka saran dan bimbingan untuk menyayangi saudara dan tidak seharusnya bertengkar.

  1. Beri Kesempatan Menyelesaikan Masalahnya Sendiri

Terkadang, masalah yang kakak-adik ributkan adalah masalah kecil. Mereka hanya mencari perhatian dan berebut kasih sayang orang tuanya. Untuk itu, ajari anak untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. Dengan begitu, keduanya akan meningkatkan skill problem solving mereka.

Mengatasi anak yang sedang bertengkar dengan saudaranya memang tidaklah mudah. Meski begitu, orang tua harus menghadapinya dengan tenang dan sabar. Dengan begitu, anak-anak akan lebih mengerti dan mendapat pelajaran dari pertengkarannya. [ ]

5

Redaksi: admin

896

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini