Gejala dan Cara Menghindari Salmonellosis Saat Anak Makan Telur

0
348

PARENTINGISLAM.ID – – Gejala-gejala Salmonellosis, baik pada balita maupun anak-anak antara lain:

  • Diare berdarah

  • Demam

  • Muntah

  • Dehidrasi

Kondisi tersebut di atas dapat membahayakan jiwa jika kekurangan cairan tidak segera diatasi.

Berikut merupakan beberapa tips penting sehubungan dengan memberikan asupan telur pada balita dan anak-anak yang harus diperhatikan agar terhindar dari Salmonellosis:

  1. Jangan membeli telur yang retak atau kotor

  2. Simpan telur di dalam lemari pendingin dengan suhu 0-4°C

  3. Cuci tangan dan semua alat yang bersentuhan secara langsung dengan telur mentah.

  4. Bagian kuning dan putih telur harus dimasak hingga mengeras. Jika memasak makanan dengan bahan telur, masakan harus dimasak sampai mencapai suhu minimal 71° Telur yang dimasak sampai matang tetap tidak kehilangan kandungan nutrisinya. Tidak hanya itu, telur yang sudah matang lebih mudah dicerna oleh saluran pencernaan balita dan anak-anak

  5. Hindari makan telur mentah atau setengah matang.

  6. Telur yang sudah matang harus sesegera mungkin dikonsumsi. Jangan biarkan berada di suhu ruangan lebih dari 2 jam sehingga terhindar dari kontaminasi kuman.

Nah, apakah selama ini Mama termasuk cukup sering menyajikan telur setengah matang dan berencana untuk memberikannya kepada si kecil saat sudah mulai mengonsumsi makanan padat?

Jangan lupa memperhatikan tips-tips penting makan telur yang aman di atas ya Mama. Kesehatan si kecil juga perlu diperhatikan selama mencukupi kebutuhan nutrisi untuk tubuhnya kan bun? [ ]

Sumber: parenting.orami.co.id

5

Redaksi: admin

86