Periksa Kehamilan Saat Pandemi COVID-19, Ini 3 Fase Pentingnya

0
126

PARENTINGISLAM.ID – – Dokter kandungan menyebut bahwa masa kehamilan di saat pandemi kerap membuat para wanita enggan datang ke pelayanan kesehatan. Padahal, ada tiga fase penting untuk diperiksa oleh dokter agar ibu dan janin dalam kandungan bisa tetap sehat.

Menurut dokter spesialis kandungan RS Pondok Indah, dr. Muhammad Fadli SpOG, dalam YouTube BNPB Indonesia, menegaskan bahwa di fase pertama yang harus diperiksa dimulai saat usia kehamilan 11 minggu. Dokter akan memeriksa dan mendeteksi penyakit yang rentan diidap janin.

“Ada fase yang tidak boleh dilewatkan saat melakukan pemeriksaan USG untuk screening penyakit down sindrom pada usia kehamilan 11-13 minggu,” kata Fadli.

Selanjutnya, tutur Fadli, trimester dua di usia kehamilan 22 sampai 24 minggu untuk screening kedua. Di fase ini, seluruh organ janin akan diperiksa baik itu fungsi maupun kelengkapannya.

Selanjutnya, di awal trimester tiga sudah harus dicek akan kesejahteraan janin. Fadli menyarankan, usia kandungan di bahwa 28 minggu sebaiknya 1 bulan sekali melakukan pemeriksaan.

Pemeriksaan selanjutnya yaitu di antara usia kehamilan 28 sampai 36 minggu disarankan 2 minggu sekali. Terakhir, lebih dari 36 minggu sudah harus diperiksa 1 kali seminggu.

“Selain 3 fase itu, ada juga kondisi yang berbahaya untuk ditangani segera. Misal, kalau tidak merasakan gerakan janin, pecah ketuban dini, atau keluar darah,” paparnya. [ ]

Sumber: viva.co.id

4

Redaksi: admin

896

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini