Mendidik Anak Agar Berakhlak Mulia, Ajari 6 Hal Utama Ini

0
893
ilustrasi foto: freepik

PARENTINGISLAM.ID – – Semua perilaku yang tertanam sejak kecil akan tetap membekas dan terbawa sampai usia dewasa. Sehingga, anakanak yang terbiasa berperilaku baik sejak kecil akan terdorong untuk berbuat baik pula saat mereka dewasa.

Inilah alasannya pembinaan akhlak sejak dini dianggap sebagai bekal penting bagi kehidupan seorang anak di masa depannya.

Lalu bagaimana menanamkan akhlak yang mulia dalam diri anak-anak sejak dini agar kelak menjadi manusia yang mulia dan berakhlaku karimah? Ada beberapa hal yang bisa bapak ibu dan sahabat-sahabat lakukan.

  1. Tanamkan keimanan dan akidah yang kuat.

Ini adalah pondasi yang pertama dan utama yang harus dilakukan oleh para orangtua. Jika anak mempunyai keimanan yang kokoh dan akidah yang lurus maka insya Allah ia akan mempunyai perilaku dan akhlak yang baik.

  1. Orang tua memberikan teladan akhlak yang baik

Pembelajaran terbaik untuk anak adalah melihat dan mencontoh. Orang yang paling pertama akan dicontoh oleh anak tentu adalah ayah, ibu dan anggota keluarganya.

Jadi salah satu cara terbaik menanamkan akhlak mulia dalam diri anak adalah dengan memberikan contoh teladan baik kepada mereka. Jangan sampai menyuruh anak berperilaku baik sementara orang tuanya memberikan contoh atau hal yang buruk.

  1. Kenalkan tentang perilaku baik dan buruk sejak dini

Anak perlu kita kenalkan tentang perilaku baik sejak dini, berbagai akhlak mulia bisa diajarkan dengan mengenalkan padanya. Seperti adab makan minum, adab tidur, adab ketika bertemu dengan yang lebih tua dan lain sebagainya.

Selanjutnya kita juga perlu menyampaikan pada anak tentang dampak kebaikan yang akan didapatkan dengan akhlak mulia, baik itu dampak di dunia maupun di akhirat.

Demikian juga anak perlu mengenal atau memahami hal-hal yang buruk misalnya mengambil barang tanpa meminta izin, meski barang itu milik ayah ibunya atau adik kakaknya, tetap harus meminta izin.

  1. Berikan apreasiasi jika anak melakukan kebaikan

Memberikan apresiasi berupa pujian kata, hadiah atau senyuman indah ternyata sangat jarang dilakukan oleh orang tua pada anaknya. Karena kebanyakan orang tua lebih mudah melihat kesalahan anak lalu menghukumnya ketimbang melihat kebaikan dan memberikan apreasiasi.

Padahal apresiasi sangat dibutuhkan anak untuk perkembangan mentalnya, dengan adanya apresiasi anak merasa kalau dirinya dianggap, dia tau kalau melakukan kebaikan akan berdampak baik juga sehingga hal ini menjadi motivasi tersendiri baginya untuk terus melakukan kebaikan.

  1. Pastikan anak bergaul dan memiliki teman yang baik

Setelah anak beranjak remaja tentu perilaku atau akhlaknya juga ditentukan oleh pergaulannya. Anak akan melihat teman-teman sepergaulan atau orang yang sering berinteraksi dengannya. Untuk itulah kita sebagai orang tua perlu mendampingi anak untuk memastikan dengan siapa saja dia berteman.

Jika kita melihat anak kita bergaul dengan orang-orang yang cenderung memiliki akhlak buruk maka secepatnya ingatkan agar lebih berhati-hati dalam memilih teman.

Inilah beberapa hal yang bisa Anda atau bapak ibu lakukan dalam membentuk sekaligus mendidik anak agar mempunyai akhlak yang baik. Tentu masih lagi hal-hal lain yang bisa digali atau diperlajari lebih dalam lagi. [ ]

5

Redaksi: admin

908