Tips Membersamai Anak Belajar Di Rumah Saat Pandemi

0
564

PARENTINGISLAM.ID – – Virus corona (COVID-19) mengharuskan semua orang untuk melakukan aktivitas di dalam rumah atau berdiam diri di rumah.

Bukan hanya kantor-kantor saja yang tutup dan memperbolehkan karyawannya untuk work from home (WFH), namun sekolah tempat anak belajar pun diliburkan, agar anak-anak bisa sekolah online.

Positifnya, hal ini bisa membuat orang tua dan anak menghabiskan lebih banyak waktu bersama, jadi tidak hanya di akhir pekan saja.

Namun kurangnya, namanya juga anak-anak yang butuh main, pasti ada kalanya mereka merasa bosan di rumah terus.

Di sinilah ide kreatif Moms diuji. Demi menjaga anak tetap aman, Moms juga harus mengembangkan ide-ide cemerlang untuk membantu atau stay at home anak tidak bosan dan menyenangkan.

Nah, apa saja tips yang bisa dijadikan sebagai contekan? Simak di bawah ini yuk, Moms. Tips Seru di Rumah Bersama Anak saat Pandemi

Nah, supaya Moms tidak bingung lagi, berikut rekomendasi aktivitas seru yang bisa Moms dan Si Kecil lakukan saat stay at home. Intip, yuk.

  1. Bikin Jadwal Harian yang Menarik

Untuk hari-hari saat anak sekolah online, Moms disarankan agar membuat jadwal untuk anak-anak sekolah di rumah, dan termasuk menambahkan slot waktu luang untuk beristirahat layaknya saat Si Kecil di sekolah.

Jangan lupa, meskipun anak hanya sekolah online di rumah, Moms juga bisa siapkan bekal makan siang atau camilan untuk Si Kecil sama seperti saat mereka sekolah lho.

Berikan Si Kecil jeda untuk beristirahat dalam jadwal hariannya. Dijamin ini bisa jadi cara yang menyenangkan.

  1. Berikan Penghargaan untuk Si Kecil

Selama anak stay at home, Moms mungkin harus memberikan penghargaan untuk Si Kecil yang memiliki perilaku yang baik selama masa ini.

Mintalah anak-anak untuk memilih hadiah yang benar-benar mereka inginkan dari beberapa pilihan yang tersedia, seperti membeli makanan untuk dibawa pulang, memainkan permainan keluarga favorit mereka, memasak bersama, bermain tablet lebih lama, atau memesan mainan baru dari toko online.

Gunakan penghargaan apa pun, namun sebelumnya beri anak peraturan, bahwa mereka harus mengumpulkan beberapa bintang atau sticker sebelum mendapatkannya. Rasanya cukup adil ya, Moms.

  1. Ajak Anak untuk Tetap Bugar

Di rumah saja biasa membuat banyak orang menjadi malas atau tidak mau bergerak, maunya hanya duduk dan tidur-tiduran saja.

Nah, saat anak dan Moms atau Dads ada di rumah, jadikan hal ini sebagai kesempatan untuk olahraga bersama Si Kecil.

Setiap pagi Moms bisa mengajak anak untuk jalan keliling kompleks, jogging, atau naik sepeda di sekitaran kompleks juga sudah cukup kok Moms.

  1. Bermain Bersama Si Kecil

Di rumah saja selama masa pandemi COVID-19, tidak berarti anak harus belajar terus-menerus.Masih ada banyak waktu tersisa yang bisa kita manfaatkan untuk mengajak anak bermain di rumah.

Selain bermain permainan yang disukainya melalui papan permainan, Moms juga bisa membantu anak untuk mengerjakan aktivitas yang seru lho, seperti menjahit bantal atau membuat beragam kreativitas.

Moms bisa juga bermain kuis seru bersama Si Kecil atau mengajaknya karaoke bersama. Terdengar menyenangkan bukan Moms?

  1. Bercocok Tanam

Bercocok tanam agaknya menjadi kegiatan favorit banyak orang selama self quarantine selama ini.

Daripada bercocok tanam sendiri, ajak Si Kecil juga akan seru lho Moms. Jangan berpikir anak hanya bisa mengganggu saja.

Jika kita bimbing dengan benar, pasti ia akan membantu. Jadi tunggu apalagi Moms?

Banyak sebenarnya kegiatan dan tips seru selama stay at home bersama Si Kecil di masa pandemi ini.

Bermain bisa jadi kegiatan yang akan disukai oleh anak-anak. Namun tentu kegiatan bermain anak akan terasa lebih menyenangkan saat anak mengenakan pakaian yang nyaman bukan?

Nah, berbicara mengenai pakaian yang nyaman selama di rumah saja, Moms bisa mengandalkan Takoyakids.

Takoyakids menghadirkan baju anak-anak yang nyaman dan trendy selama Si Kecil #StayatHome. Bahkan bisa dipakai saat anak sekolah online juga lho.

Baju yang super nyaman untuk anak, warnanya pun menarik, bahkan bisa Moms jadikan sebagai foto yang cantik saat posting mengenai kegiatan anak di rumah. Mulai dari warna yang cerah hingga lembut, semua tersedia!

Sumber: parenting.orami.co.id

4

Redaksi: admin

890