Waspadai ! 5 Penyakit Menular Yang Kerap Terjadi Pada Anak

0
414

PARENTINGISLAM.ID – – Ayah bunda , hingga saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung maka memang patut kita waspadai. Tapi, jangan sampai ┬ámegabaikan penyakit menular pada anak yang bisa menjangkit Si Kecil kapan saja. Terlebih jika ia sudah mulai melakukan aktivitas bersama teman-temannya.

Apa saja penyakit menular pada anak yang perlu diwaspadai? Berikut daftarnya.

  1. Cacar Air

Penyakit menular pada anak yang pertama adalah cacar air. Penyakit satu ini bisa dengan mudah menular hanya melalui udara saja, baik itu saat bersin, batuk, atau berbicara sekalipun.

Ciri-cirinya anak terserang demam, pusing, mengalami sakit tenggorokan dan sakit perut.

Selain itu juga diikuti dengan munculnya benjol-benjol kecil berisi air di dalamnya. Ketika penyakit ini mulai bereaksi, anak akan merasakan gatal-gatal pada sekujur tubuh.

Jangan biarkan Si Kecil menggaruk kulitnya, agar tidak menimbulkan bekas luka dan infeksi. Sebagai solusi, coba redakan gatal dengan bedak dingin atau bedak biasa.

  1. Campak

Campak juga masuk dalam daftar penyakit menular pada anak. Jika Si Kecil terkena campak, ia akan mengalami demam, batuk, hidung berair, hingga sakit tenggorokan, dan muncul ruam-ruam merah di sekujur tubuh.

Sama halnya dengan cacar air, penyakit yang disebabkan oleh virus ini menyebar lewat udara juga. Jadi jika ada teman anak yang menderita campak, sebaiknya jangan bermain bersamanya dulu.

  1. Gastroenteritis (Muntaber)

Gastroenteritis mungkin terdengar kurang familiar, tapi muntaber pasti enggak dong. Benar sekali Moms, gastroenteritis atau muntaber adalah sebuah penyakit peradangan pada lapisan usus, yang juga menjadi salah satu penyakit menular pada anak.

Virus dari penyakit ini menyerang pencernaan anak, sehingga mengalami diare, demam, lemas, dan sakit perut.

Biasanya penyakit menular pada anak ini terjadi karena lingkungan yang kotor, jadi pastikan anak Moms mengonsumsi makanan dan minuman yang terjaga kebersihannya ya.

  1. Gondongan

Gondongan pada anak ditandai dengan ciri-ciri pipi bengkak, leher bengkak, dan rahang juga bengkak. Semua bagian wajah akan terlihat membengkak. Hal ini terjadi akibat adanya infeksi virus di kelenjar liur.

Mengapa gondongan masuk dalam penyakit menular pada anak? Hal ini dikarenakan penyakit satu ini menyebar dengan mudah dari udara, alat makan, dan sentuhan dengan penderita.

  1. Flu

Penyakit menular pada anak selanjutnya adalag flu. Flu juga menjadi penyakit yang mudah menyerang anak-anak dan dapat dengan mudah ditularkan di sekolah. Seperti yang sudah kita ketahui, flu disebabkan oleh virus influenza yang menyerang saluran pernapasan.

Saat terserang flu, anak akan mengalami hidung tersumbat, batuk, lemas, sakit kepala yang disertai dengan demam. Jadi jangan kaget jika Si Kecil juga mual dan muntah ya. [ ]

Sumber: parenting.orami.co.id

5

Redaksi: admin

905