Cara Orang Tua Melihat Tanda Autisme Pada Anak

0
226

 

PARENTINGISLAM.ID – – Sebagai orang tua, tentu harus bisa melihat tanda peringatan awal autisme pada Si Kecil sejak dini. Kita pasti mengenal anak kita dengan lebih baik daripada siapa pun, dan mungkin akan mengamati perilaku dan kebiasaan yang mungkin tidak biasa atau normal.

Dokter anak ayah bunda bisa mengamati anak lebih lanjut dan memberikan diagnosis terkait kondisi anak, tetapi jangan mengabaikan pentingnya pengamatan dari kita sendiri. Kuncinya adalah mengenal anak kita dengan lebih baik lagi dengan mengamatinya. Berikut yang bisa orangtua lakukan.

  1. Pantau Perkembangan Si Kecil

Autisme melibatkan berbagai keterlambatan perkembangan, jadi perhatikan baik-baik kapan atau apakah Si Kecil mencapai tonggak sosial, emosional, dan kognitif anak. Ini adalah cara yang efektif untuk menemukan gangguan autisme pada anak sejak dini.

Meskipun keterlambatan perkembangan tidak secara otomatis mengarah ke autisme, hal itu mungkin menunjukkan peningkatan risiko.

  1. Ambil Tindakan Jika Khawatir

Setiap anak berkembang dengan kecepatan yang berbeda, jadi Moms tidak perlu panik jika anak sedikit terlambat untuk berbicara atau berjalan.

Berkenaan dengan perkembangan yang sehat, ada banyak istilah “tipikal”. Tetapi jika anak Moms tidak mencapai tonggak perkembangan sesuai usianya, atau mencurigai adanya masalah, segera sampaikan kekhawatiran kita kepada dokter anak. Jangan menunggu lagi ya Moms.

  1. Jangan Menerapkan Pendekatan Menunggu dan Melihat

Banyak orang tua yang khawatir diberi tahu, “jangan khawatir” atau “tunggu dan lihat dulu.” Tetapi menunggu adalah hal terburuk yang dapat Moms lakukan.

Kita berisiko kehilangan waktu yang berharga pada usia di mana anak Moms memiliki peluang terbaik untuk berkembang. Selain itu, apakah keterlambatan itu disebabkan oleh autisme atau beberapa faktor lain, anak-anak yang mengalami keterlambatan perkembangan tidak mungkin begitu saja “keluar dari” masalah mereka.

Untuk mengembangkan keterampilan di bidang di mana anak mengalami keterlambatan, Si Kecil membutuhkan bantuan ekstra dan perawatan yang khusus.

  1. Percaya pada Insting Kita

Idealnya, dokter anak akan menanggapi kekhawatiran Moms dengan serius dan melakukan evaluasi menyeluruh untuk mengetahui autisme atau keterlambatan perkembangan lainnya pada anak.

Namun terkadang, bahkan dokter juga bisa lewat melihat tanda ini. Dengarkan naluri kita jika memang merasa ada sesuatu yang salah pada anak, dan lakukan sesuai dengan apa yang naluri kita katakan. Jadwalkan pertemuan lanjutan dengan dokter, dapatkan pendapat kedua, atau minta rujukan ke spesialis perkembangan anak langsung. [ ]

Sumber: parenting.orami.co.id

5

Redaksi: admin

896

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini