Keistimewaan Anak Perempuan Menurut Islam

0
410
Dalam Islam, kesuksesan bukan hanya diukur dari banyaknya materi tetapi dari shaleh shalehahnya anak (ilustrasi foto: freepik)

PARENTINGISLAM.ID – – Ada yang menganggap bahwa kedudukan atau posisi laki-laki lebih mulia dengan perempuan atau wanita. Hal ini nampaknya masih terinspirasi dengan masa jahiliyyah dahulu dimana manusia hanya dibedakan dan dinilai dari fisiknya semata yakni laki-laki dan perempuan saja.

Anak perempuan dianggap lebih rendah derajatnya dan dianggap sebuah kehinaan jika dalam keluarga lahir anak perempuan.

Jahatnya pada zaman jahiliyyah anak perempuan dianggap membawa kesialan sehingga harus di asingkan, dibuang bahkan tak sedikit hingga di kubur hidup-hidup. Kaum wanita hanya dianggap sebagai pelampiasan nafsu syahwat semata.

Dianggap manusia ketika dibutuhkan dan ketika tidak dibutuhkan maka kaum wanita dengan sadisnya dibuang atau di asingkan bahkan hingga dilenyapkan.

Inilah salah satu tanda dari zaman jahiliyyah maka jika saat ini masih ada yang berpikiran demikian sesungguhnya mereka juga masih orang jahiliyyah juga.

Untuk itu Allah Swt mengutus Rasulullah Saw dengan membawa Islam sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kesenjangan demikian. Selain untuk membuat atau meluruskan tentang keesaan Allah (akidah) juga menyempurnakan akhlak manusia dimana salah satunya untuk menyamakan kedudukan antara pria dan wanita.

Dalam Islam kemuliaan seseorang bukan dinilai dari jenis kelaminnya (pria atau wanita) melainkan dari ketaqwaannya kepada Allah Swt. sebagaimana yang Allah Swt tegaskan dalam Al Quran:

“…..Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. Al Hujurat: 13)

Dari penjelasan ayat ini dapat kita ketahui bahwa Allah Swt memuliakan manusia itu bukan karena bentuk fisiknya atau jenis kelaminnya melainkan dari ketaqwaannya.

Dengan demikian baik laki-laki maupun perempuan mempunyai kedudukan yang sama dihadapan Allah Swt. Islam sendiri telah memuliakan wanita (perempuan) dalam beberapa hal, seperti:

  1. Nama perempuan diabadikan dalam Al-Qur’an, yaitu surat An-Nisaa (Perempuan), yakni surat ke-4 dan tidak ada surat Ar-Rijal (Laki-laki).

2. Doa perempuan terutama ibu lebih mustajab karena dalam proses reproduksi ibu yang menanggung segala resiko kegagalan (baca dalam QS. Luqman 31:14)

3. Surga ada di bawah telapak kaki ibu (perempuan). Rasulullah saw bersabda: “Surga berada di bawah telapak kaki ibu” (H.R. Ahmad).

Selain itu ada beberapa kemuliaan lainnya tentang kedudukan perempuan ini ditinjau dari berbagai aspeknya. Perempuan atau wanita mempunyai peran yang sangat sentral atau dominan dibanding dengan kaum laki-laki. [ ]

5

Redaksi: admin

950

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini