Tips Mencegah Muntaber Pada Anak, Lakukan 4 Hal Ini

0
196

PARENTINGISLAM.ID – – Muntah dan diare atau muntaber adalah kondisi yang umum terjadi pada anak-anak. Salah satunya disebabkan oleh kumas lewat makanan atau tangan yang tidak bersih saat memakan makanan.

Situs Merck Sharp & Dohme Corp., menyebutkan beberapa bentuk pencegahan muntaber pada anak. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan.

  1. Melakukan Vaksinasi

Jika mengalami muntaber pada anak karena infeksi virus, pencegahannya bisa dilakukn dengan vaksin untuk mencegah infeksi rotavirus, yang tersedia sebagai bagian dari jadwal vaksinasi bayi yang direkomendasikan.

Vaksin rotavirus saat ini tidak terkait dengan intususepsi (masalah usus yang serius), seperti halnya dengan vaksin asli. Vaksin rotavirus telah menurunkan infeksi rotavirus hingga 60 hingga 90 persen.

  1. Menjaga Kebersihan

Sementara, untuk pencegahan muntaber pada anak yang cukup besar harus mengajarkan Si Kecil untuk mencuci tangan dan menghindari makanan yang tidak disimpan dengan benar dan air yang terkontaminasi.

Pedoman umum yang baik adalah menjaga makanan dingin tetap dingin dan makanan panas tetap panas. Makanan yang akan dikonsumsi harus dimakan dalam waktu satu jam.

  1. Menyusui Bayi

Menyusui adalah cara lain yang sederhana dan efektif untuk membantu mencegah gastroenteritis pada bayi. Bayi yang diberi ASI memiliki tingkat gastroenteritis yang lebih rendah dibandingkan bayi yang diberi susu formula.

Untuk bayi yang diberi susu botol, Moms harus mencuci tangan hingga bersih dengan sabun dan air sebelum menyiapkan botol. Selain itu, harus cuci tangan dengan bersih setelah mengganti popok.

Area penggantian popok harus didisinfeksi secara teratur dengan larutan pemutih rumah tangga yang baru disiapkan (ΒΌ cangkir pemutih diencerkan dalam 1 galon air).

  1. Berikan Asupan Cairan yang Cukup

Orang tua dapat membantu mencegah dehidrasi dengan mendorong Si Kecil untuk minum cairan meskipun hanya dalam jumlah kecil dan sering.

Bayi dan anak-anak dengan sistem kekebalan yang lemah tidak boleh menyentuh hewan reptil, burung, atau amfibi karena hewan ini biasanya membawa bakteri Salmonella, yang bisa mengakibatkan infeksi lebih parah pada anak-anak.

Itu dia Moms, penjelasan mengenai muntaber pada anak tentang penyebab, gejala, cara mengatasi, dan bentuk pencegahan yang bisa dilakukan dan patut disimak.

Jika kondisi muntaber pada anak tidak mereda setelah dilakukan perawatan di rumah, langsung konsultasikan ke dokter, ya. [ ]

4

Redaksi: admin

903

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini