Hal Yang Mempengaruhi Kesehatan Bayi Dalam Kandungan, Bunda Perhatikan 7 Hal Ini

0
439
Ibu harus tetap sehat selama hamil

PARENTINGISLAM.ID – – Kesehatan anak bukan hanya dimulai saat lahir saja melainkan harus dilakukan sejak atau selama ia dalam kandungan. Orangtua khususnya sang ibu harus sehat dan selalu memperhatikan asupan gizinya selama hamil.

Namun ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi kesehatan janin selama dalam kandungan. Beberapa hal tersebut antara lain:

  1. Sinar rontgen

Panas tinggi, sinar yang menyilaukan, suara melengking, dan magnet bisa langsung memengaruhi janin.

  1. Gangguan melalui udara

Misalnya asap tembakau, diketahui dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan janin dalam kandungan,kematian mendadak dalam kandungan, atau hipertensi pulmonal persistent.

  1. Uap kamper atau naphthalene

Hal ini bisa menimbulkan gangguan hemolisis berat pada janin dan defisiensi G6PD pada ibu. Gangguan bisa juga disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi ibu hamil. Contohnya tragedi Minamata di Jepang.

  1. Pencemaran zat methyl mercury

Gangguan saraf pada anak-anak yang mengalami pencemaran zat methyl mercury yang berasal dari acet aldehyde dari tanaman dan ikut terbuang ke laut. Zat ini mencemari biota laut, dikonsumsi masyarakat sekitarnya, dan beberapa tahun kemudian baru menimbulkan gangguan saraf pada anak-anak yang terpapar lewat konsumsi ibunya ketika hamil.

  1. Limbah pabrik dan industri

Saat ini, dikhawatirkan limbah pabrik dan sampah telah mencemari biota laut di teluk Jakarta. Walaupun menurut penelitian, ikan masih aman untuk dikonsumsi tetapi untuk golongan kerang-kerangan belum ada penjelasan. Sejak dulu, kerang hijau dari teluk Jakarta diragukan keamanannya, terutama jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

  1. Asap rokok

Beberapa zat dalam darah ibu hamil bahkan bisa menembus plasenta, yaitu zat yang berbobot molekuler rendah, juga yang larut dalam lemak, seperti ethanol atau benzopyrene (dalam asap rokok), atau mirip dengan nutrient seperti timbal.

Di Indonesia, kesadaran akan kebersihan masih begitu rendah. Kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan yang lainnya  yang dulu terkenal dengan sebutan Kota Kembang, kini berubah, bahkan berbalik seratus delapan puluh derajat, menjadi Kota Sampah.

Padahal, sampah akan menimbulkan limbah organik. Reaksi kimia yang ditimbulkannya bisa masuk ke tubuh kita dan melakukan perubahan di dalamnya, seperti mengubah gen dan menimbulkan penyakit. [ ]

4

Redaksi: admin

850