Momen Idul Adha, Ambil Hikmah Cara Komunikasi Yang Tepat Pada Anak

0
428

PARENTINGISLAM.ID – –  Momen Idul Adha seperti ini saat tepat mengajarkan anak-anak akan pemahaman dan hikmah di balik sejarah kurban yang agung ini.Berikut beberapa hal akan pengajaran hikmah kurban bagi anak-anak.

Salah satunya adalah hikmah dan pola komunikasi yang baik antara orangtua dan anak.

Ayah Bunda bisa mengambil hikmah tentang pola komunikasi yang baik antara orangtua dengan anak dalam peristiwa kurban ini.

Sebelum menunaikan printah Allah, Nabi Ibrahim terlebih dahulu memberitahukan dan minta pendapat dari Ismail mengenai perintah Allah untuk menyembelih dirinya.

Meski diyakini bahwa perintah tersebut datang langsung dari Allah Swt, Nabi Ibrahim tidak serta merta melakukannya dengan mengabaikan pendapat anaknya yakni Ismail.

Dari dialog ayah dan anak ini dapat kita ketahui seorang anak yang saleh akan mendukung ayahnya jika berkenaan dengan ketaatan kepada Allah.

Padahal bisa saja Ismail menganggap ayahnya akan berbuat gila di luar sifat kemanusiaan,bagaimana mungkin ada orangtua yang tega membunuh anaknya sendiri?. Namun itu tak dilakukan oleh anak yang saleh,salah satu sebabnya karena komunikasi yang baik.

Jadi salah satu cara untuk menumbuhkan anak yang saleh adalah melaui komunikasi yang baik dengan anak,seperti yang dicontihkan Nabi Ibrahim kepada putra Ismail.

Sekarang dapat kita lihat, berapa banyak orangtua yang memaksakan kehendak pada anak tanpa menanyakan persetujuan anak terlebih dulu?

Biarpun untuk kebaikan semisal menyekolahkan anak di pesantren penghafal quran, tetap saja perlu untuk mengajak anak berkomunikasi dan meminta pendapatnya, inilah salah satu hikmah luar biasa juga dari peristiwa kurban yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim dan Ismail. [ ]

4

Redaksi: admin

890