Faktor Tumbuh Kembang Anak, Ini Yang Perlu Orangtua Pahami

0
318

PARENTINGISLAM.ID – – Pertumbuhan ialah bertambahnya ukuran dan jumlah sel serta jaringan interseluler. Ini berarti bertambahnnya ukuran fisik dan struktur tubuh dalam arti sebagian atau keseluruhan. Jadi, bersifat kuantitatif sehingga dapat kita ukur dengan mempergunakan satuan panjang atau satuan berat.

Perkembangan ialah bertambahnya kemampuan struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks, jadi bersifat kualitatif yang pengukurannya jauh lebih sulit daripada pengukuran pertumbuhan. Dalam nilai perkembangan, secara umum ada empat aspek yang dinilai, yaitu:

  • Perilaku sosial (personal sosial): aspek yang berhubungan dengan kemampuan mandiri, bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungan.

  • Gerakan motorik halus: aspek yang berhubungan dengan kemampuan anak untuk mengamati sesuatu, melakukan gerakan yang melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu dan dilakukan otot-otot kecil, tetapi memerlukan koordinasi yang cermat.

  • Bahasa: kemampuan untuk memberikan respons terhadap suara, mengikuti perintah, dan berbicara spontan.

  • Gerakan motorik kasar: aspek yang berhubungan dengan pergerakan dan sikap tubuh.  

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Tumbuh Kembang

Pada umumnya, anak memiliki pola pertumbuhan dan perkembangan yang normal dan ini merupakan hasil interaksi banyak faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.

  1. Faktor internal

Perbedaan ras/etnik atau bangsa, keluarga, umur, jenis kelamin, kelainan genetik, kelainan kromosom.

  1. Faktor eksternal/lingkungan

  • Faktor Pranatal

Gizi, mekanis, toksin/zat kimia, endokrin, radiasi, infeksi, kelainan imunologi,   anoksia embrio, psikologi ibu.

  • – Faktor persalinan

  • – Faktor pascanatal (kelahiran)

Gizi, penyakit kronis/kelainan kongetial, lingkungan fisi dan kimia, psikologis, endokrin, sosio-ekonomi, lingkungan pengasuhan, stimulasi, obat-obatan.

Faktor manakah yang paling berperan, apakah intrinsik atau ekstrinsik? Para ahli berdebat panjang mengenai hal ini, akan tetapi pada saat ini kita sudah sepakat bahwa faktor ekstrinsik lebih berpengaruh dibandingkan instrinsik, serta faktor ekstrinsik yang sangat dominant adalah faktor gizi/nutrisi dan stimulasi. [ ]

5

Redaksi: admin

936