Mendidik Anak Ala Nabi, Perhatikan Tahapan Usianya

0
359

 

PARENTINGISLAM.ID – – Setiap anak adalah istimewa maka mereka harus mendapat pendidikan dan pengasuhan yang istimewa pula. Bagaimana mendidik anak di zaman sekarang ini agar sesuai dengan pendidikan Nabi? Berikut ini adalah penjelasannya, contoh model pendidikan Rasulullah ﷺ. sesuai dengan tingkat usia anak didik.
Al
1. Bimbingan anak usia 0-7 tahun

Rasulullah ﷺ menekankan pentingnya perasaan orangtua bagi anak usia 0-7 tahun, yakni dengan cara belajar sambil bermain. Pada usia ini, pembiasaan merupakan hal yang sangat ditekankan Rasulullah ﷺ, sebab anak-anak pada usia 0-7 tahun mendapat pengetahuan dari yang mereka lihat, pikirkan, dan kerjakan.

2. Bimbingan anak usia 7-14 tahun

Pada tahap ini, Rasulullah ﷺ menekankan pada pembentukan nilai-nilai kedisiplinan dan moral. Pendidikan yang ditanamkan mencakup ilmu dan amal sekaligus. Sehingga, pembentukan nilai-nilai kedisiplinan dan moral haruslah dengan bimbingan teori dan praktik. Periode ini merupakansaat yang paling tepat bagi para orangtua untuk mengajari anak shalat, seperti yang diperintahkan oleh Rasulullah ﷺ.

3. Bimbingan anak usia 14-21 tahun

Pada usia ini, Rasulullah ﷺ. menekankan bimbingan secara dialogis, diskusi, atau musyawarah layaknya teman sebaya (shohibbi). Jangan menganggap anak pada usia ini sebagai anak kecil yang tidak tahu apa-apa dan harus dituntun terusmenerus.

4.Bimbingan anak di atas usia 21 tahun

Pada tahap ini, Rasulullah ﷺ membimbing dengan cara “bil hikmah, mauidzatul hasanah” dan “wazahidatul biya ahsan”, yaitu susunan kata yang logis dan sesuai kenyataan, menyentuh hati, serta disampaikan dengan cara diskusi.

Sumber : http://percikaniman.id

 

5

Redaksi: admin

836