Anak Susah Bangun Subuh? Beri Motivasi, Dari Sini Kemenangan Dimulai Nak

0
311

PARENTINGISLAM.ID – – Anak –anak agak susah untuk dibangunkan waktu pagi khususnya saat menjelang shalat Subuh. Alasannya karena masih mengantuk, dingin, belum terbiasa dan sebagainya.

Namun orangtua tidak boleh kalah dengan alasan klasik itu. Salah satu cara agar anak-anak bersemangat bangun Subuh adalah dengan memotivasinya bahwa waktu Subuh adalah penuh keberkahan.

Zubair adalah seorang ayah yang sangat mementingkan pendidikan anak-anaknya di waktu subuh. Tidak boleh ada seorang anakpun yang tidur setelah melaksanakan shalat Subuh, sebab waktu Subuh itu adalah barakah.

Apa yang pernah dilakukan oleh ayahnya Zubair bin Awwam ini juga ditauladani oleh Urwah, sehingga beliau juga berkata :

إني لأسمع أن الرجل يتصبح فأزهد فيه

Sungguh jika aku mendengar bahwa seorang itu tidur di waktu pagi maka aku pun merasa tidak suka dengan dirinya”. (HR. Ibnu Abi Syaibah 5: 222 no. 25442 dengan sanad yang shahih).

Dari Urwah bin Zubair beliau mengatakan, Dulu Zubair melarang anak-anaknya tidur di pagi (Subuh), sebab waktu Subuh adalah kebarokahan.

Pagi hari khususnya Subuh adalah harapan. Allah Swt akan menebarkan rezeki dan keberkahan kepada hamba-hamba-Nya. Untuk itu anak harus dibiasakan bangun waktu Subuh dan bisa shalat berjamaah di masjid bagi anak laki-laki. [ ]

5

Redaksi: admin

935