6 Hal Mendasar Yang Harus Ditanamkan Pada Anak Sejak Dini

0
544

PARENTINGISLAM.ID – – Anak adalah anugrah terindah yang diberikan oleh Allah SWT untuk kita semua.

Maka, kewajiban bagi orang tua adalah mendidik, merawat, menjaganya agar kelak para orang tua bisa memberikan pertanggung jawabannya di hadapan Allah SWT dan anak tersebut bisa memberi syafaat atau pertolongan untuk orang tua nya di hari akhir nanti.

Sejak usia dini pendidikan anak dalam islam harus diajarkan terutama pendidikan aqidah, pendidikan ibadah dan pendidikan akhlak. Pendidikan tersebut diharapkan dapat membentuk karakter anak sehingga ia dapat menjadi pribadi yang mulia dimasa depan.

Maka hal yang perlu ditanamkan pada anak sejak dini itu diantaranya ;

  1. Mengajarkan anak tentang ketauhidan sejak awal dan mengenal Allah sejak ia dilahirkan.

  2. Mengajarkan anak hal yang disukai dan dibenci Allah, Misalnya hal yang menjadi larangan dalam agama islam dan hal yang diperbolehkan dalam islam.

  3. Mengajarkan anak untuk melakukan ibadah sejak usia dini seperti shalat wajib. Ajaklah anak laki-laki untuk shalat berjamaah dimasjid dan bisakan anak untuk melakukan shalat tepat waktu. Meskipun anak belum baligh dan belum wajib untuk melakukan shalat jangan biarkan ia meninggalkan shalat.

  4. Mengajarkan anak membaca Alqur’an sejak dini dan jika bisa maka ajarkan anak juga untuk menghafal ayat suci Alqur’an. Mengajarkan anak membaca Alqur’an sangatlah penting karena Alqur’an adalah pedoman hidup umat muslim.

  5. Mengajarkan anak untuk menggunakan busana yang sesuai syariat islam dan menutup aurat misalnya mengajarkan anak mengenakan hijab sejak usia dini pada anak perempuan.

  6. Mengajarkan Akidah & Akhlak yang benar. Dengan mengajarkan anak untuk betutur kata yang sopan dan santun baik pada orangtua, orang lain maupun teman sebayanya.

Memang mendidik anak mungkin tidak selamanya mudah dan membutuhkan kesabaran namun orangtua tetap harus memperhatikan cara atau pola asuh mereka agar anak nantinya tumbuh menjadi pribadi yang baik dan berakhlak mulia. Wallahu’alam bishawab. [ ]

5

Redaksi: admin

924