Ciri Anak Mulai Durhaka Pada Orang Tua, Ayah Bunda Perhatikan 4 Hal Ini

0
290

PARENTINGISLAM.ID – – Salah satu kebahagian dan tanda keberhasilan orangtua dalam mendidikan dan mengasuk anak adalah ia berbakti pada orangtuanya. Maka kewajiban seorang anak untuk berbakti kepada kedua orangtua ini langsung dari Allah Swt sebagaimana firman-Nya dalam Al Quran,

Dan Rabb-mu telah memerintahkan agar kamu jangan beribadah melainkan hanya kepada-Nya dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, ‘Ya Rabb-ku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.’” (QS.Al-Israa’ : 23-24)

Dalam haditsnya Rasullah Saw juga mewasiatkan,

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang ingin dipanjangkan umurnya dan ditambahkan rezekinya, hendaklah ia berbakti kepada kedua orang tuanya dan hendaklah ia menyambung silaturahmi.” (HR. Ahmad)

Berbakti pada orang tua adalah jalan menuju surga. Tidak boleh menaati kedua orang tua dalam rangka berbuat maksiat pada Allah. Menaati mereka hanyalah dalam kebaikan saja dan bukan dalam kemungkaran.

Lalu apa ciri atau tanda seorang anak mulai bersikap durhaka kepada orangtuanya? Setidaknya ayah bunda dapat memperhatikan sikap anaknya sebagai berikut:

  1. Enggan mentaati perintah orangtua

  2. Berkata kasar pada orangtua

  3. Berakhlak yang buruk pada orangtua

  4. Sering membuat perasaan sedih atau marah pada orangtua

Semoga Allah menjadikan kita sebagai anak yang selalu berbakti kepada orang tuanya. [ ]

5
Redaksi: admin
830