Sebab Orang Masuk Neraka, 2 Hal Ini Perlu Disampaikan Pada Anak

0
322

PARENTINGISLAM.ID – – Setiap amalan shalih maka Allah Swt akan balas dengan pahala dan kelak di akhirat mereka akan masuk surga. Demikian juga amalan buruk maka Allah akan berikan dosa dan kelak di akhirat orang yang banyak dosa akan masuk neraka.

Lalu apa saja yang menyebabkan manusia bisa masuk neraka? Berikut ini yang perlu kita sampaikan pada buah hati agar menjauhi:

  1. Tidak meyakini hari pembalasan ( yaumul hisab)

Inilah penyebab kenapa ada manusia yang masuk Jahanam. Sesungguhnya, dahulu di dunia mereka tidak meyakini adanya Hari Perhitungan. Rasa takut adanya hisab di akhirat bisa menjadi rem atau penahan dari perbuatan-perbuatan yang dimurkai Allah Swt. Mereka akan mendapat siksa dan hidangan dari api yang panas,

“Itulah hidangan untuk mereka pada hari Pembalasan..” ( QS. Al-Waqi’ah: 56)

Sebaliknya, jika rasa takut pada hisab tidak kita miliki, kemungkinan besar kita akan menghalalkan segala cara dan akan lebih mengutamakan kesenangan duniawi. .

  1. Mengingkari Al Quran

Begitupun penyebab mendustakan ayat-ayat Al-Qur’an. Mereka menganggap firman-firman Allah sebagai dongeng, padahal itu adalah obor kehidupan bagi manusia. Firman-firman Allah dianggap omong kosong, padahal ia berisi pencerahan hidup.

Apakah kamu beriman kepada sebagian al-Kitab (Taurat) dan ingkar terhadap sebagian yang lain? Tiadalah balasan bagi orang yang berbuat demikian di antaramu melainkan kenistaan dalam kehidupan dunia, dan pada hari kiamat mereka dikembalikan kepada siksa yang sangat berat. Allah tidak lengah dari apa yang kamu perbuat.” (QS.Al-Baqarah: 85)

Demikian beberapa hal yang dapat menyebabkan orang masuk neraka. Hal ini seperti syirik, dusta, durhaka, khianat dan sebagainya juga bisa menyebabkan masuk neraka. Maka kita harus menjauhinya. [ ]

4

Redaksi: admin

835