Tips Belajar Membuat Kue Untuk Pemula

0
320

PARENTINGISLAM.ID – – Membuat kue itu tidak sulit. Kalau Anda belum pernah melakukannya, bukan berarti Anda pasti gagal saat mencoba. Proses membuat kue harus dilakukan secara teliti. Selain itu, mulai sekarang Anda juga patut mencermati tips belajar membuat kue agar wawasan Anda semakin bertambah. Jadi, jangan ragu memulai pengalaman membuat kue Anda untuk pertama kalinya. Simak beberapa tips belajar membuat kue ini dan segera praktikkan pada resep kue favorit Anda.

  1. Harus Cermat Membaca Resep

Hal pertama yang mesti dilakukan seorang pemula adalah membaca resep dengan cermat. Anda mesti memahami istilah-istilah takaran dan teknik memasak yang dijabarkan dalam resep. Sehingga Anda tidak kesulitan untuk segera mencobanya saat berada di dapur. Jangan segan bertanya kepada orang yang lebih mahar tentang istilah-istilah resep yang terdengar asing bagi Anda.

  1. Jangan Malas Menyiapkan Alat Ukur

Penggunaan alat ukur adalah cara terbaik untuk menentukan takaran bahan seperti di resep. Anda mesti menyiapkan alat ukur berupa timbangan, cangkir, atau gelas ukur yang kapasitasnya memadai. Dengan demikian, Anda tidak akan kesulitan saat harus menentukan takaran bahan yang akan Anda gunakan.

  1. Pastikan Kalau Semua Alat Sudah Bersih

Kotoran, air, atau sisa minyak yang tertinggal pada peralatan dapur rupanya bisa mengakibatkan kegagalan dalam membuat kue. Periksalah kembali alat-alat yang akan Anda gunakan. Bersihkan dengan kertas tisu secara cermat sampai tidak ada sisa kotoran yang melekat di dalamnya. Anda pasti tidak mau kan proses membuat kue jadi gagal hanya karena peralatan yang kurang bersih?

  1. Menyiapkan Bahan-Bahan dengan Kualitas Terbaik

Anda tidak bisa membuat kue yang lezat bila tidak menggunakan bahan-bahan kualitas terbaik. Siapkan aneka bahan berkualitas seperti instruksi pada resep. Salah satu yang tidak boleh Anda lewatkan tentu saja adalah margarin Blue Band Cake and Cookie. Aroma dan tekstur lembut margarin Blue Band Cake and Cookie akan menyempurnakan cita rasa kue buatan Anda. Membuat kue istimewa sesuai selera pun bukanlah hal mustahil.

  1. Semua Bahan Harus Berada pada Temperatur Ruangan

Semua bahan untuk membuat kue harus berada pada kondisi temperatur ruangan. Terutama bila Anda ingin membuat kue yang butuh proses fermentasi. Keluarkan telur dan bahan-bahan kue lainnya minimal 1 jam sebelum digunakan. Karena temperatur dingin malah membuat proses fermentasi tidak berlangsung sempurna dan kue buatan Anda rentan bantat.

  1. Jangan Malas Mengayak Bahan-Bahan Kering

Bahan-bahan kue berupa tepung, gula pasir, atau baking soda sebaiknya diayak terlebih dahulu sebelum digunakan. Proses pengayakan akan memisahkan gumpalan bahan dan kotoran. Maka Anda pun bisa mengadon kue dengan lebih mudah.

  1. Pecahkan Telur Di Wadah Lain

Jangan pernah mengambil risiko dengan memecahkan telur langsung di dalam adonan kue. Karena bisa saja Anda mendapatkan telur yang busuk atau kulit telur yang tidak sengaja jatuh saat telur dipecahkan. Akan lebih baik jika Anda memecahkan telur di wadah lain sebelum telur-telur tersebut dicampur ke dalam adonan.

  1. Kue Tidak Boleh Langsung Dipotong Atau Disimpan

Kue yang sudah matang harus segera dikeluarkan dari oven atau panci pengukus agar uap panasnya lekas hilang. Jangan memotong atau menyimpan kue yang masih panas karena hal tersebut membuat kue mudah berjamur atau basi. Jika kue sudah benar-benar dingin dan uap panasnya hilang, Anda pun bisa memotong, menyajikan, atau menyimpannya.

Tips belajar membuat kue kali ini tentu tidak susah untuk dicoba. Jika Anda sering membuat kue sendiri di rumah, Anda pasti akan semakin mahir dan termotivasi untuk membuat kreasi yang lebih istimewa. Selamat mencoba! [ ]

Sumber: blueband.co.id

4

Redaksi: admin

859