Tips Khatam Al Quran di Bulan Ramadhan Bersama Keluarga

0
417
ilustrasi foto: freepik

PARENTINGISLAM.ID – – Salahsatu amalan yang sangat dianjurkan pada bulan Ramadhan adalah membaca Al Quran hingga khatam. Bagi Muslim yang sibuk, amaliah ini bisa dijalankan hingga selesai jika memiliki tekad seperti tekad Nabi Musa.

Dalam Al Quran dijelaskam tekad Nabi Musa sebagaimana firman Allah SWT dalam ayat berikut:

لَا أَبْرَحُ حَتَّىٰ أَبْلُغَ مَجْمَعَ الْبَحْرَيْنِ أَوْ أَمْضِيَ حُقُبًا

“Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke pertemuan dua buah lautan; atau aku akan berjalan sampai bertahun-tahun”.[QS. Al-Kahfi: 60)

Syaikh Abdurrahman As-Sa’diy menjelaskan tekad baja dan semangat membara Nabi Musa,

أي: لا أزال مسافرا وإن طالت علي الشقة …. وهذا عزم منه جازم،

“Maksud perkataan Musa adalah: ‘aku akan terus berjalan (jadi musafir), meskipun sepanjang perjalanan dalam kesusahan’. Inilah tekad yang kuat dari Musa.” [Tafsir As-Sa’diy]

Nah tekad Nabi Musa tersebut bisa dijadikan tips atau dicontoh agar Muslim semangat membaca Alquran hingga khatam di bulan Ramadhan. Misalnya umat Islam bisa menanamkan dalam hati, “Aku tidak akan berhenti membaca Alquran setelah 30 menit atau 60 menit”.

“Aku tidak akan berhenti membaca Alquran setelah 100 ayat atau 200 ayat”.

Target ini bisa dilakukan setiap hari dan setiap selesai sholat lima waktu. Tingkatkan target di 10 hari akhir Ramadhan, karena seorang Muslim justru semakin semangat di akhir bulan suci tersebut. Ibarat kuda pacu semakin mempercepat larinya ketika menjelang garis finish.

Ibnul Jauzi berkata,

إن الخيل إذا شارفت نهاية المضمار بذلت قصارى جهدها لتفوز بالسباق .. فلا تكن الخيل أفطن منك !

“Sesungguhnya kuda pacu apabila mendekati batas finish ia akan mengerakan (semua) kemampuannya untuk memenangkan perlombaan. Jangan sampai kuda pacu menjadi lebih cerdas darimu.”

Sumber: muslim.or.id 

4

Redaksi: admin

835