Buah yang Aman Dikonsumsi dan Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Si Kecil Batuk

0
590

PARENTINGISLAM.ID – – Buah-buahan sering direkomendasikan untuk mencegah dan mengatasi berbagai kondisi kesehatan. Namun, ternyata ada buah yang aman dikonsumsi saat balita batuk dan ada buah yang perlu dihindari saat balita batuk.

Buah yang Aman Dikonsumsi Saat Balita Batuk

1. Nanas

Buah berdaging kuning ini bisa menekan batuk, mengencerkan dahak di tenggorokan, serta meredakan sinusitis dan masalah sinus karena alergi penyebab batuk dan dahak.

2. Anggur

Anggur adalah ekspektoran yang bisa mengeluarkan lendir dari sistem pernapasan yang bermasalah. Semakin cepat dahak bisa dibuang, semakin cepat pula batuk akan sembuh

3. Jeruk

Konsumsi jeruk nipis, lemon, dan jenis jeruk lainnya membantu melawan infeksi, mengurangi inflamasi, menormalkan tekanan darah, dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Jeruk juga disebut-sebut bisa membantu mencegah kerusakan sel, mengatasi hidung tersumbat, dan mengencerkan dahak.

Buah yang Perlu Dihindari Saat Balita Batuk

1. Buah Kering

Buah kering sulit dikunyah dan ditelan, sehingga potongannya berisiko tersangkut di tenggorokan jika Si Kecil batuk saat memakannya.

2. Mangga

Mangga bisa menimbulkan reaksi hipersensitivitas langsung seperti mengi dan batuk tiba-tiba setelah makan mangga matang dan segar.

3. Rambutan

Kulit ari di biji rambutan yang sering menempel di daging buahnya bisa membuat tenggorokan gatal. Belum lagi kandungan gulanya yang tinggi. Namun, belum ada penelitian yang membuktikannya secara ilmiah.

Sumber : parenting.orami.co.id

5

Red: admin