Hal-Hal yang Bisa Menyebabkan Sistem Imun Si Kecil Menurun

0
132
ilustrasi foto: pixabay

PARENTINGISLAM.ID – – Kesehatan anak dapat ditentukan salah satunya oleh bagaimana kinerja daya tahan tubuh atau sistem imun menjaganya dari serangan bakteri atau virus penyebab penyakit. Sayangnya, terdapat beberapa hal yang kadang tidak Bunda sadari, merupakan penyebab sistem imun anak menurun. Hal ini kemudian dapat menjadi penyebab anak jadi mudah sakit.

Ketahui beberapa faktor yang dapat menghambat fungsi sistem imun anak berikut ini.

1. Mengonsumsi terlalu banyak garam dan gula

Penelitian menyimpulan bahwa terlalu banyak asupan garam dapat mengakibatkan defisiensi atau pengurangan imunitas. jumlah sodium yang berlebih pada ginjal memicu efek domino, yaitu mengurangi kemampuan tubuh dalam melawan infeksi bakteri. Lalu, dampak terlalu banyak mengonsumsi gula berlebih juga hampir sama dengan garam, yaitu mengurangi kemampuan sel-sel imun dalam melawan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

2. Kurang bergerak aktif atau jarang olahraga

Bunda perlu waktu anak agar seimbang antara bermain di dalam dan luar ruangan. Rutin bergerak aktif dapat menambah sistem imun dengan cara meningkatkan kemampuan tubuh dalam membentuk antibodi, yang terdiri dari sel darah putih yang membantu melawan berbagai penyakit. Ajak anak untuk setidaknya berjalan kaki selama 20 menit sebanyak lima kali dalam seminggu untuk menjaga kinerja sistem imun.

3. Kurang waktu tidur

Tidur merupakan bagian penting dari metabolisme tubuh. Saat anak tidak mendapat waktu tidur yang cukup, hal ini akan membuatnya lebih rentan terserang pilek dan flu. Tidur yang cukup membantu tubuh untuk beristirahat dan kembali bersiap melawan berbagai infeksi.

4. Kurang memperhatikan asupan serat

Semakin tinggi asupan serat dan prebiotik, dapat mendukung fungsi sistem imun yang sehat, termasuk melindungi tubuh anak dari virus. Ibu harus memperhatikan menu makanan dengan gizi seimbang agar si kecil memiliki imunitas yang baik. Perpaduan sayur dan buah dibutuhkan dalam menu hariannya.

Sumber : hellosehat.com

3

Red: admin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini