Bunda, Tahu Nggak Sih Penyebab Anak Suka Berbohong? Simak Alasannya, Yuk!

0
336

PARENTINGISLAM.ID – – Saat tahu anak melakukan kebohongan, pasti langsung membuat orangtua emosi. Terutama jika kebohongan yang dilakukannya merugikan banyak orang atau membahayakan dirinya. Memang, kita harus mengajarkan anak untuk selalu jujur namun cobalah mendengarkan anak. Karena ada kalanya anak memiliki alasan tersendiri yang tak terpikirkan oleh kita.

Berikut hal-hal yang sering memicu anak melakukan kebohongan.

1. Coba-Coba

Pada umumnya, kebohongan pertama yang keluar dari mulut mereka sebagian besar merupakan dorongan rasa penasaran. Mereka akan bertanya-tanya, bagaimana kalau aku bohong? Apa mereka akan tetap percaya? Apakah aku akan ketahuan? Apa efeknya nanti?

Dengan coba-coba ini anak sebenarnya ‘belajar’ membaca situasi. Lihat kembali kondisi yang dihadapi anak, ia mungkin ingin melindungi dirinya.

2. Diterima Lingkungan

Kebohongan biasanya dilakukan anak ketika dalam lingkungan yang menekan dirinya. Terutama saat muncul rasa tak percaya diri yang begitu tinggi. Biasanya itu terjadi saat anak saling bertukar pengalaaman dengan teman. Ketika mayoritas teman punya pengalaman yang sama, anak yang tak punya pengalaman serupa akan berbohong agar tetap relevan

3. Ngomong Dulu Baru Mikir

Kalau dua penyebab kebohongan di atas adalah hal yang disiapkan, maka yang ini keluar secara spontan alias tidak terkontrol. Kadang anak terlalu bersemangat menyampaikan sesuatu sehingga yang dikatakan tidak sesuai kenyataan. Lalu mereka tidak tahu bagaimana mengungkapkannya sehingga meneruskan kebohongan tersebut

Meski begitu, orang tua tetap harus mengarahkan anak agar dia nggak terjebak di kebohongan yang akan merugikan, baik bagi dirinya maupun orang lain.

Sumber : diadona.id

3

Red: admin