Begini Tips Aman Saat Berbelanja Selama Pandemi

0
303

PARENTINGISLAM.ID – – Demi mencegah penularan virus corona, Bunda dan keluarga harus mengikuti imbauan pemerintah untuk melakukan physical distancing. Itu artinya, Bunda harus tetap berada di dalam rumah bila tidak ada keperluan mendesak. Meski begitu, untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga, Bunda mungkin perlu pergi ke supermarket.

Nah untuk mengurangi penyebaran dan risiko tertular di pasar atau di supermarket, ikuti panduan berbelanja aman ini yuk, Bunda!

1. Buat Daftar Belanja

Sebaiknya Bunda sudah membuat daftar belanja barang-barang apa yang akan dibeli. Hal ini bertujuan agar Bunda fokus mencari barang-barang yang Anda butuhkan, sehingga Bunda tidak perlu berlama-lama berada di supermarket.

2. Tidak Membawa Anak Kecil

Tidak perlu mengajak anak ikut berbelanja ke supermarket, ya Bunda. Lebih baik si kecil tetap berada di dalam rumah untuk meminimalisir risiko terinfeksi virus-virus berbahaya.

3. Jaga Tangan Agar Tetap Bersih

Selalu siap sedia hand sanitizer saat ingin berbelanja. Pastikan Bunda menggunakannya sebelum memasuki supermarket dan setelah selesai berbelanja. Sebab, Bunda tidak tahu barang-barang tersebut sudah dipegang oleh siapa saja.

4. Kenakan Masker dan Jaga Jarak

Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan pemerintah Indonesia juga sudah memberikan aturan untuk mewajibkan masyarakat menggunakan masker setiap keluar rumah. Hal ini untuk mengurangi penyebaran virus corona di luar ruangan. Selain itu, Bunda juga harus membiasakan diri untuk melakukan jarak sosial setidaknya 2 meter dari yang lain untuk mengantisipasi penyebaran.

5. Cuci Tangan dan Bersihakan Diri Setelah Sampai Rumah

Sesampainya di rumah,letakkan barang belanjaan Bunda dan segera cuci tangan. Setelah itu, letakkan pakaian Bunda ke mesin cuci dan langsung mandi, ya Bunda. Hal ini penting dilakukan, sebab kita tidak tahu, virus apa yang menempel di pakaian dan tubuh kita.

6. Bersihkan Barang Belanjaan

Setelah membersihkan diri, bilaslah produk-produk yang dibeli. Misalnya produk makanan kalengan, Anda bisa langsung merendamnya ke dalam air sabun selama beberapa menit. Setelah itu, jangan lupa juga untuk menyemprotkan disinfektan ke tas, dompet, atau peralatan lain yang Bunda bawa ke supermarket, ya.

Sumber : kumparan.com

4

Red: admin