Ide Seru dalam Mengajak Anak Bermain Sambil Belajar

0
784

PARENTINGISLAM.ID – – Mendidik si kecil sejak usia dini memang hal yang penting. Namun, Bunda juga bisa mendidik si kecil menjadi anak yang aktif dan cerdas lewat kegiatan menyenangkan yang dilakukan di rumah. Belajar sambil bermain adalah strategi yang bisa Bunda lakukan untuk mendidik si kecil sejak usia dini. Apalagi di usia balita, si kecil memang lebih senang bermain.

Lewat bermain, ia bisa bereksplorasi, menemukan banyak hal baru, membangun rasa percaya diri, hingga mengembangkan keterampilan yang akan berguna untuknya di masa depan nanti. Yuk, coba lakukan beberapa kegiatan berikut ini untuk mendorong si kecil belajar sambil bermain di rumah.

1. Bermain Peran

Bermain peran punya banyak manfaat untuk anak, mulai dari mengajarkan si kecil lebih percaya diri, berani berbicara, meningkatkan kemampuan berbicara, mengekspresikan diri, hingga kemampuan bersosialisasi. Ajak si kecil menyusun cerita saat bermain peran untuk melatih imajinasinya.

2. Eksperimen Sederhana

Melakukan eksperimen sederhana mengajarkan sains sejak dini pada si kecil . Misalnya, menggunakan bahan baku seperti air dan pewarna makanan yang dicampur untuk menjelaskan konsep warna pada si kecil dengan cara yang menyenangkan. Bunda tentu perlu mendampingi si kecil saat melakukan berbagai eksperimen sederhana ini di rumah, ya.

3. Membuat Kerajinan Tangan

Kegiatan membuat kerajinan tangan tak hanya mengisi waktu luang si kecil , namun juga mengasah kreativitas dan kemampuan motoriknya. Ketika si kecil membuat kerajinan tangan, hasilnya bagus atau tidak bukanlah hal penting yang harus diperhatikan. Hal yang lebih penting adalah, si kecil mampu berimajinasi dan menggunakan kreativitasnya sendiri untuk menghasilkan sesuatu.

Sumber : theasianparent.com

3

Red: admin