Tips Sederhana Dalam Membantu Si Kecil Belajar Duduk

0
175

PARENTINGISLAM.ID – – Bayi belajar duduk merupakan fase yang penting dalam satu tahun pertama perkembangan bayi. Penting bagi Bunda untuk mengetahui yang harus dilakukan, untuk membantu si kecil belajar duduk sendiri.

Bantu si kecil memperkuat otot leher, punggung dan otot tubuh lain yang ia perlukan agar dapat duduk dengan seimbang secara perlahan. Kita pun dapat mencoba sejumlah tips berikut ini untuk membantu bayi belajar duduk.

1. Meletakkan bayi dalam posisi telentang

Saat meletakkan bayi dalam posisi terlentang, Bunda dapat mengangkat badannya secara perlahan ke posisi duduk, maupun menggunakan mainan serta suara-suara yang dapat menarik perhatian si kecil untuk duduk. Selain itu, Bunda juga bisa menggantungkan mainan di atas bayi yang terlentang.

2. Meletakkan bayi dalam posisi telungkup

Saat meletakkan bayi dalam posisi telungkup, kita dapat memanfaatkan mainan berwarna-warni, bebunyian menarik maupun membuat ekspresi lucu untuk menarik perhatiannya. Menarik perhatian bayi saat si kecil dalam posisi telungkup dapat membantu menguatkan otot leher, bahu, dan punggung yang diperlukan si kecil saat belajar duduk.

3. Menggunakan bantal

Saat kepala sudah lebih stabil dan bayi sering mengangkat tubuhnya, biasakan ia dalam posisi duduk. Bunda dapat membantunya duduk menggunakan bantal, mendudukkannya di kursi bayi hingga menyandarkannya di perut kita.Lakukan aktivitas ini selama 5-10 menit sehari agar si kecil terbiasa dengan posisi duduk.

Sumber : parenting.orami.co.id

5

Red: admin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini