Si Kecil Takut Disuntik? Begini Cara Agar Bayi Tak Takut Saat Disuntik

0
120

PARENTINGISLAM.ID РРSaat tiba waktu vaksinasi untuk bayi, biasanya bukan hanya Bunda yang merasakan stress karena Si kecil dapat merasakannya juga. Karena si kecil tidak hanya akan divaksin satu kali, maka Bunda harus melakukan persiapan agar bayi tidak trauma saat disuntik. Sebenarnya, ada beberapa langkah yang bisa Bunda lakukan agar bayi tidak trauma saat disuntuk. Coba praktikkan yuk tips agar bayi tidak trauma disuntik.

1. Oleskan Krim Khusus

Oleskan krim khusus yang membuat kulit seolah mati rasa yang mengandung lidocaine 4 persen, di atas kulit yang akan disuntik 30 detik sebelumnya. Setelah itu, dia atas kulit yang telah diolesi, ditutup dengan selotip busa agar dokter tahu tempat untuk menyuntikkan vaksin.

2. Berikan ASI atau Air Gula

Penelitian menunjukkan bahwa rasa manis dapat menyebabkan otak melepaskan zat kimia otak yang baik. Karena ASI juga manis, Bunda bisa memberi ASI kepada si kecil saat disuntik.

3. Tempatkan Bayi pada Posisi Nyaman

Rasa nyaman akan membuat ketegangan bayi berkurang karena merasa nyaman. Bunda bisa menggendong atau memeluk bayi bahkan dalam posisi berdiri. Pastikan untuk memegangnya sehingga lengan atas atau pahanya terbuka dan dokter dapat memberikan suntikan dengan baik.

4. Berikan Benda Sebagai Pengalihan

Bunda bisa membawa mainan favorit si kecil atau benda lain yang akan mengalihkan perhatiannya dari jarum suntik. Hal ini diharapkan akan membuat bayi tidak trauma disuntik karena tidak fokus memperhatikan jarum suntik selama proses vaksinasi.

5. Setelah Kulit Bayi Setelah Vaksinasi

Untuk memberikan rasa nyaman, Bunda bisa memijat lembut kulit bayi yang berada di sekitar tempat suntikan. Pijatan ringan ini diharapkan dapat membuat bayi merasakan rasa sakit dengan intens. Sebuah penelitian pada orang dewasa menemukan bahwa area yang dipijat setelah disuntik hanya 10 detik, memiliki rasa sakit yang lebih sedikit.

Sumber : parenting.orami.co.id

3

Red: admin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini