Tumbuhkan Sikap Disiplin Pada Anak Sejak Dini

0
344

PARENTINGISLAM.ID – –  Pada usia 3 – 5 tahun, si kecil sudah semakin bebas melakukan apa yang ia inginkan. Ia pun jadi semakin sulit untuk duduk diam dan mendengarkan. Belum lagi jika di kecil berada dalam fase ketika perhatiannya mudah teralihkan. Apapun yang Bunda katakana sepertinya akan masuk kuping kiri, dan keluar kuping kanan.

1. Bersikap konsisten

Antara usia 2 – 3 tahun, anak –anak bekerja keras untuk memahami bagaimana perilaku mereka berdampak pada orang-orang di sekitar mereka. Jika reaksi Bunda terhadap suatu situasi terus berubah, maka si kecil pun akan bingung tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Misalnya, suatu hari Bunda menegur si kecil karena melempar bola ke rumah tetangga, namun keesokan harinya Bunda membiarkannya melakukan tindakan yang sama.

2. Cukup katakan ‘tidak’

Jika ia tidak mendengarkan Bunda, tidak perlu memberinya kuliah panjang, cukup katakan ‘tidak’. Itu akan mempermudah anak untuk mengerti apa yang Bunda inginkan, dibandingkan menjelaskannya dengan panjang lebar tapi anak tetap tidak mendenagrkan.

3. Hindari hukuman fisik

Selain dapat menimbulkan trauma, si kecil hanya akan fokus pada rasa takutnya, dan bukan alasan mengapa ia tidak boleh melakukan yang ia lakukan.

4. Buat aturan dan batasan

Berikan batasan sejauh yang dapat dipatuhinya saat ini. Buat aturan yang jelas dan konsisten yang dapat diikuti si kecil. Pastikan untuk menjelaskan atura ini sesuai dengan usia yang dapat mereka pahami.

Yang perlu diingat oleh orang tua adalah, periode belajar ini merupakan proses yang panjang dan akan berlangsung terus-menerus. Dibutuhkan komitmen, kesabaran, dan partisipasi aktif dari Ayah dan Bunda untuk membantu ia tumbuh cerdas dan sehat.

Sumber : theasianparent.com

4

Red: admin