Kenapa Ya, Bayi Sering Batuk Pilek? Simak Penjelasannya

0
76

PARENTINGISLAM.ID – – Pernahkah Bunda bertanya-tanya kenapa si kecil mudah sekali batuk pilek? Memang, kondisi ini tak jarang membuat para orang tua mudah panik, karena melihat si kecil seperti tak nyaman dengan batuk pilek yang dideritanya itu.

Dilansir dari Young Parents, Dr. Natalie Epton, dokter spesialis anak sekaligus konsultan neonatologi mengatakan, rata-rata bayi akan mendapatkan 12-14 infeksi per tahun dalam 2 tahun pertama kehidupannya dan sebagian besar infeksi tersebut melibatkan saluran pernapasan atas.

Terkadang virus dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh untuk sementara waktu. Dalam kasus batuk pilek pada bayi dan berlangsung lama ini bisa saja terjadi karena si kecil terekspos banyak kuman baru.

Umumnya, batuk pilek pada bayi sendiri paling lama akan berlangsung selama 5-7 hari, lalu bisa sembuh sendiri. Mengingat batuk pilek menjadi salah satu hal umum yang kerap terjadi pada anak, tak terkecuali bayi, sebaiknya orang tua tidak sembarang memberikan obat yang dijual di pasaran itu.

Kondisi rentan batuk pilek pada bayi juga karena sistem imunitas si kecil yang belum sematang orang dewasa. Karenanya, mereka tidak membutuhkan pengobatan khusus. Melainkan, pastikan saja si kecil mendapat istirahat dan asupan cairan –yakni ASI, yang cukup.

Namun, bila si kecil batuk pilek selama lebih dari 6-8 minggu. Bunda harus waspada, karena bisa saja hal ini terjadi karena ada infeksi kronis pada saluran napas.

Sumber : kumparan.com

8

Red: admin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini