Cara Ampuh Lindungi Keluarga di Tengah Pandemi Corona

0
195

PARENTINGISLAM.ID – – Penyebaran virus corona (COVID-19) terus meluas dan menginfeksi banyak orang di seluruh dunia. Mengutip data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) per Selasa (31/03/2020), jumlah korban infeksi virus corona telah mencapai 800,000 orang lebih di seluruh dunia. Meski begitu, jumlah korban sembuh mencapai 170,000 orang lebih.

Di tengah pandemi virus corona ini, tidak bisa dipungkiri banyak pihak yang pasti merasa cemas dan khawatir dengan kesehatan dirinya maupun keluarga, dan Bunda mungkin menjadi salah seorang yang khawatir dengan keluarga saat ini. Namun terlalu cemas tentu tidak akan membantu. Ada beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan untuk melindungi keluarga kita dari infeksi COVID-19. Yuk, simak cara-cara berikut.

1. Jauhi Pertemuan Sosial

Hal pertama yang bisa kita lakukan untuk melindungi keluarga dari COVID-19 adalah dengan menghindari tempat-tempat yang penuh dengan kerumunan orang. Namun, saat ini sebaiknya hindari dulu pertemuan-pertemuan yang melibatkan banyak orang.

Karena semakin banyak orang, maka akan semakin besar pula kemungkinan kita untuk tertular COVID-19.

2. Tidak Bepergian ke Luar Negeri

Mungkin melihat harga-harga tiket perjalanan ke luar negeri yang amat murah, membuat kita tertarik untuk membelinya dan jalan-jalan. Namun ingat, risikonya adalah terinfeksi virus corona lho, apalagi jika negara yang kita kunjungi merupakan salah satu negara infeksi.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan orang dewasa untuk tidak membuat rencana perjalanan atau jika sudah dibuat, tunda dulu. Sebab, bepergian seperti liburan akan meningkatkan peluang bertemu banyak orang, yang juga meningkatkan risiko penularan virus corona.

3. Bekerja dan Beraktivitas di Rumah

Bila memungkinkan, lebih baik Ayah dan Bunda bekerja atau beraktivitas di rumah saja. Minimalisir kegiatan di luar rumah sebisa mungkin ya! Beraktivitas di rumah mungkin terasa membosankan. Namun jangan khawatir Bunda, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, seperti mengasah hobi dan memasak bareng si kecil.

4. Gunakan Teknologi untuk Bertukar Kabar

Bunda bisa menggunakan teknologi bertukar pesan untuk sekedar ngobrol-ngobrol. Selain itu, Bunda juga bisa menggunakan Skype, panggilan video di WhatsApp maupun Line, Zoom, dan Google Meet. Sehingga kita tidak kesepian dan bisa berinteraksi dengan orang lain.

5. Jagalah Kesehatan Diri

Menjaga kesehatan diri menjadi kunci yang penting. Jangan lupa untuk membiasakan diri selalu mencuci tangan dengan sabun hingga bersih. Jangan menyentuh wajah, hidung, dan mulut jika tidak diperlukan. Pastikan untuk menggunakan masker jika merasa tidak sehat. Perlu diingat, kita juga perlu menerapkan hal-hal ini di rumah, untuk melindungi keluarga.

Sumber : parenting.orami.co.id

3

Red: admin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini