Syafaat Bagi Kedua Orang Tua yang Sabar Atas Kematian Anaknya

0
581

PARENTINGISLAM.ID – – Ketika sang anak meninggalkan kita di usianya yang masih kecil. Ternyata ada syafaat anak bagi kedua orang tua yang sabar atas kematian anaknya. Oleh karena itu usahakanlah untuk senantiasa bersabar, dan selalu ingat bahwa semua yang ada di dunia ini hanyalah titipan Allah subhanahu wa Ta’Ala semata.

Nabi Muhammad shalallahu ‘alahi wa sallam bersabda, “Apabila anak seorang hamba meninggal dunia, maka Allah bertanya kepada malaikat, Apakah kalian mencabut nyawa anak hamba-Ku?” Malaikat menjawab, “Ya.” Allah bertanya lagi, “Apakah kalian mencabut nyawa buah hatinya?” Malaikat menjawab, “Ya.”

Allah bertanya lagi, “Apa yang diucapkan hamba-Ku?” Malaikat menjawab, “Dia memuji-Mu dan mengucapkan innalillahi wainna ilaihi rajiun.” Kemudian Allah berfirman, “Bangunkan untuk hamba-Ku satu rumah di surga. Beri nama rumah itu dengan Baitul Hamdi (rumah pujian),” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban)

Ini tidak diragukan lagi dipenuhi dalam sabda beliau dalam sebuah riwayat, “Dengan keutamaan rahmat-Nya kepada mereka.” Karena, rahmat kepada anak kecil itu lebih banyak. Al-Manawi berkata dalam Faidhul Qadir, “Kematian anak-anak itu memiliki beberapa faedah, yaitu:

  1. Mereka akan menjadi penghalang dari neraka
  2. Mereka akan memberatkan timbangan orang tua
  3. Mereka akan memberi syafaat untuk masuk surga
  4. Mereka akan memberi minum kedua orang tua mereka pada hari yang sangat haus dari minuman surga
  5. Mereka akan meringankan kematian kedua orang tuanya karena teringat keturunan mereka yang telah lalu yang menjadi hiasan pandangan baginya

Rasulullah bersabda, “Siapa saja yang ditinggal mati oleh ketiga anaknya, Allah mengharamkannya dari neraka.” (Shahih Al-Jami’)

Sumber : islampos.com

3

Red: admin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini