6 Cara Mendidik Anak Perempuan, Yuk Amalkan!

0
143

PARENTINGISLAM.ID – – Anak perempuan juga memiliki keutamaan yang berbeda dari anak laki-laki. Karena dari rahim seorang perempuan akan lahir generasi penerus bangsa yang cerdas.

Seorang perempuan juga memiliki tanggung jawab untuk mengajarkan moral dan akhlak terpuji pada anak-anaknya. Bila seorang perempuan dididik dengan menanamkan nilai Islam, insyaAllah ia akan menjadi penolong orang tuanya di akhirat. Itulah mengapa, mendidik anak perempuan akan lebih menantang.

Berikut ini cara Rasulullah mendidik anak perempuan yang bisa kita tiru.

1. Mengajarkan Ilmu Tauhid

Tauhid atau konsep tentang ketuhanan merupakan hal pertama yang wajib diajarkan oleh anak perempuan. Misalnya dengan memberi tahu bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang menciptakan manusia.

Selain itu, Ayah dan Bunda juga bisa mengajarkannya mengucapkan kalimat syahadat yaitu, “Laihala illaallah Muhammad Darrasullullah” (Tiada Tuhan selain Allah, Muhammad adalah rasul utusan Allah SWT). Dengan mengulang-ulang bacaan ini, lambat laun si kecil akan terus mengingatnya.

2. Mengajarkan Akhlak Mulia dan Sopan Santun

Mengajarkan akhlak yang mulia bisa menjadi modal awal untuk menumbuhkan kebaikan lainnya dalam diri putri Dads dan Moms. Karenanya, mengajarkan akhlak yang baik wajib dilakukan. Rasulullah pun amat menyukai seseorang yang memiliki akhlak terputi, dan beliau juga kerapkali mengajarkannya pada anak-anaknya tentang cara berperilaku yang baik pada sesama manusia.

3. Mengajarkan Tentang Fikih Wanita

Pendidikan mengenai fiqih wanita ini bisa Bunda ajarkan saat ia sudah baligh. Mulai dari cara berpakaian yang menutup aurat, sampai hal mengenai haid. Semakin ia dewasa, ilmu fiqih wanita semakin dibutuhkan karena berkaitan dengan aktivitas sehari-hari.

4. Mengajarkan Keterampilan Rumah Tangga

Keterampilan rumah tangga pastinya sangat dibutuhkan, agar anak perempuan Dads dan Moms bisa mandiri. Apalagi, nantinya ia akan menjadi seorang istri yang akan mengelola rumah tangga bersama suami. Maka, keterampilan memasak, merawat anak, membersihkan rumah dan lain sebagainya juga perlu dipelajarinya.

5. Mengajarkan Menjadi Seorang Istri

Seorang perempuan nantinya akan bertanggung jawab menjadi seorang istri. Oleh karena itu, bimbing anak perempuan menjadi seorang istri yang baik dan shalihah.

6. Mengajarkan Perempuan Menjadi Seorang Ibu

Sampai kapan pun, seorang wanita akan terus belajar menjadi seorang ibu. Karena itu, sejak kecil ajarkan pada anak perempuan Dads dan Moms untuk menjadi contoh yang baik. Ketika perempuan tumbuh dewasa, mereka memiliki kewajiban dan bertanggung jawab untuk mengajar dan membesarkan anak-anak mereka.

Sumber : parenting.orami.co.id

4

Red: admin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini