Sikap-Sikap Orang Tua yang Bisa Membuat Anak Bahagia

0
314

PARENTINGISLAM.ID – – Membuat anak bahagia tak harus selalu diwujudkan dengan materi semata, seperti dengan pakaian yang serba mahal atau mainan yang mereka inginkan. Banyak hal yang dapat Bunda lakukan untuk membuat anak bahagia, bahkan dengan cara yang sederhana sekalipun, lho.

Berikut sikap-sikap orang tua yang dapat membuat anak bahagia:

1. Meluangkan Waktu

Bagi orang tua yang sibuk bekerja, waktu menjadi sebuah hal tak ternilai harganya. Si kecil mungkin merasa senang jika Bunda memberikan apa yang mereka inginkan, tapi dibandingkan semua barang yang mereka inginkan, mereka justru lebih membutuhkan waktu bersama orang tua.

Jadi, upayakan untuk selalu dapat memberikan waktu ditengah kesibukan, ya Bunda. Sempatkanlah untuk bermain bersamanya saat selesai bekerja, dan berikan pula akhir pecan yang menyenangkan bagi mereka.

2. Mendengarkan Anak

Meskipun mereka masih kecil dan permasalahannya mungkin tidak serumit orang dewasa, namun anak tetap membutuhkan sosok orang tua untuk mendengarkan keluh kesah dan memberinya jalan keluar. Jadi, jangan bersikap cuek dan siapkan selalu telinga Bunda untuk mendengarkan keluh kesah mereka, ya!

3. Memberi Perhatian

Berilah anak perhatian hingga tentang apa yang mereka inginkan. Bukan berarti memanjakannya, ya Bunda. Namun lebih kepada hal-hal apa saja yang mereka ingin Bunda mengerti dan lakukan. Misalnya dengan membantunya mengerjakan tugas, atau sekadar menemaninya tidur dan bermain.

4. Bersikap Adil

Sebagai orang tua -terutama yang memiliki lebih dari satu anak-, sikap ini akan menjadi hal yang sangat penting. Perhatian dan kasih sayang yang Bunda curahkan harus sama rata, dan tak boleh membedakan mereka.

Hal ini merupakan hal yang dianggap sederhana, namun ternyata bukan hal yang mudah. Kita sebagai orang tua tentu memiliki kasih sayang yang sama bagi setiap anak, hanya saja, akan sulit untuk menunjukkan pada mereka dan membuat mereka mengerti terutama bila usia mereka masih sangat kecil.

5. Bijaksana dan Sabar

Selain adil, Bunda juga harus memiliki sikap bijaksana dan sabar. Sikap ini menjadi amat penting ketika mereka melakukan kesalahan. Jangan langsung menghakimi apalagi memberikan hukuman. Tanyakan terlebih dahulu mengapa mereka melakukan kesalahan tersebut.

Buatlah perjanjian bila ia baru pertama kali melakukannya maka Bunda dapat memberikan toleransi, namun bila selanjutnya ia mengulanginya lagi, Bunda bisa memberinya hukuman.

Sumber : parenting.orami.co.id

3

Red: admin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini