Tanamkan Kebiasaan Pola Hidup Sehat

0
300

PARENTINGISLAM.ID – – Virus corona (COVID-19) telah masuk ke Indonesia dan menimbulkan kekhawatiran terutama di kalangan orang tua dengan anak usia balita. Pasalnya, anak-anak usia balita belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik untuk menangkal virus dengan optimal.

Bagi anak-anak yang sudah bersekolah mulai dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA), perlu dilakukan pencegahan konkret. Terutama dari pihak sekolah. Seperti pemeliharaan kebersihan secara ekstra di lingkuan sekolah. Bisa juga cuti absen bagi tenaga pendidik dan siswa bila dari luar negeri selama 14 hari.

Berikut 4 kebiasaan yang dapat ditanamkan pada anak untuk mencegah penularan corona:

1. Cuci Tangan dengan Sabun

Cara yang paling bisa dilakukan saat ini demi mencegah penularan corona adalah cuci tangan dengan sabun. Ajarkan anak untuk cuci tangan dengan benar, bukan hanya telapak tapi juga sela-sela jari.

Lakukan selama 20 detik atau bisa juga dengan menyanyikan lagu ‘Happy Birthday’. Anak biasanya cuci tangan sesukanya, untuk itu harus dicontohkan berkali-kali.

2. Etika Batuk & Bersin

Bila anak sedang pilek atau batuk, minta mereka menggunakan masker agar tak menulari orang lain di sekitarnya. Batuk juga harus tahu etikanya, yaitu menutupnya dengan tisu atau menutup mulut/hidung dengan siku.

Cara ini bisa menurunkan risiko penularan. Pastikan buah hati tahu hal ini, ya Bunda.

3. Jangan Menyentuh Wajah (Mata, Hidung, Mulut)

Anak seringkali mengucek mata atau bahkan memasukkan tangan ke mulut padahal tangannya sangat kotor. Hal ini akan dengan mudah menular virus. Ingatkan anak untuk tak menyentuh mata dan wajahnya jika tangannya kotor dan belum cuci tangan. Infeksi seperti konjungtivitis dapat ditularkan melalui sentuhan mata setelah menyentuh benda oleh orang dengan infeksi tersebut.

4. Hindari Berbagi Alat Makan

Anak-anak kadang suka berbagi makanan dengan temannya. Jika ingin berbagi sebaiknya menggunakan alat makan sendiri, seperti sendok dan garpu. Berbagi alat bisa meningkatkan risiko penularan virus karena liur merupakan pembawa virus dan bakteri.

Sumber : parenting.dream.co.id

5

Red: admin