Yuk Biasakan Si Kecil Makan Sendiri Sejak Usia 1 Tahun

0
335

PARENTINGISLAM.ID – – Anak yang masih berusia lima tahun atau balita, cenderung selalu disuapi saat makan. Sesekali, cobalah hidangan makanan di hadapannya. Potong makanan tersebut agar mudah digenggam anak, atau sering disebut finger food.

Memang, saat anak makan sendiri kondisinya bakal sangat berceceran dan berantakan. Namun,, dalam momen tersebut anak akan belajar banyak hal. Seluruh inderanya akan terstimulasi termasuk juga kemampuan motoriknya.

Berikut alasan dibalik pentingnya mengajari anak untuk makan sendiri sejak usia dini.

1. Tak Menjadi Pemilih Makanan

Saat anak mulai makan sendiri, dia akan lebih penasaran dan ingin mencoba berbagai jenis makanan. Hal ini akan membuat atau merasakan banyak rasa dan tekstur, mengembangkannya menjadi food explorer. Efeknya adalah, kelak anak tak menjadi picky eater atau sangat pemilih dalam hal makanan.

2. Melatih Kemandirian

Anak jadi lebih punya tanggung jawab sendiri atas tubuhnya. Saat dia lapar dia akan makan dan saat kenyang dia akan berhenti makan. Anak juga bisa terhindar dari kemungkinan obesitas karena dia bisa mengukur kapasitasnya sendiri.

3. Memaksimalkan Asupan Gizi Anak

Mengonsumsi beragam jenis makanan, berguna untuk memenuhi gizi seimbang anak. Makanan bergizi seimbang adalah yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Semua makanan sebenarnya memiliki manfaatnya masing-masing. Sehingga, orangtua sebaiknya tidak melarang anak untuk mengonsumsi suatu makanan. Tetapi, cukup membatasinya saja sesuai porsi yang dibutuhkan.

Sumber : parenting.dream.co.id

3

Red: admin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini