Mitos atau Fakta : Apakah Benar, Anak Tunggal Cenderung Egois?

0
379

PARENTINGISLAM.ID – – Memiliki anak merupakan sebuah amanah dan tanggung jawab besar. Dibutuhkan kesiapan mental, fisik, dan finansial serta perencanaan masa depan yang baik sat anak hadir ke dunia. Maka, tak heran jika beberapa orangtua memutuskan untuk hanya memiliki satu anak saja.

Namun, keberadaan anak tunggal ini kerap mendapat stigma negative, seperti manja, egois, dan keinginannya selalu terpenuhi. Apakah pernyataan tersebut benar? Yuk simak jawabannya dari Denise Duval Tsioles, Ph.D., dan Susan Newman, Ph.D., berikut ini.

1. Anak Tunggal Tetap Bisa Mempelajari Keterampilan Sosial

Beberapa orang beranggapan bahwa ketika dibesarkan sebagai anak tunggal, maka anak tidak akan belajar berbagi, berkomunikasi atau berinteraksi dengan anak-anak lain. Pendapat ini sangat tidak tepat.

Bahkan, para peneliti meminta 13.500 anak-anak untuk menyebutkan sepuluh teman. Diketahui ternyata anak tunggal cukup populer di antara teman sebayanya dibanding mereka yang memiliki saudara.

2. Anak Tunggal Bakal Kesepian?

Faktanya, justru memiliki waktu sendiri sangat penting dalam pembentukan kepribadian anak dan bahkan dapat membentuk karakternya jadi lebih kuat. Bahkan, studi membuktikan bahwa kesendirian dapat menyebabkan relaksasi dan mengurangi stres ketika individu secara aktif memilih untuk menyendiri.

3. Keuntungan Menjadi Anak Tunggal

Salah satu keuntungan menjadi anak tunggal adalah bahwa tidak ada persaingan saudara kandung, tidak ada perselisihan dan tidak ada agresi verbal antara saudara.

4. Sering Dianggap Egois

Stereotip yang dimiliki banyak orang tentang anak tunggal sebenarnya berkaitan dengan temperamen. Menurut Dr. Duval Tsioles, beberapa anak tunggal dilahirkan dengan temperamen yang lebih sensitif, intens, dan reaktif. Jadi ketika sesuatu terjadi atau tidak berjalan seperti yang mereka bayangkan, mereka cenderung memiliki reaksi yang lebih kuat, dan dianggap sebagai keegoisan

Sumber : parenting.dream.co.id

3

Red: admin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini