Cara Menghadapi Anak yang Ketahuan Berbohong

0
215

PARENTINGISLAM.ID – – Anak yang suka berbohong merupakan masalah dan juga tantangan tersediri bagi orangtua. Terkadang anak berbohong karena memiliki alasan yang tidak dimengerti oleh orangtua Kebiasaan berbohong ini pastinya harus diatasi dengan cepat agar tidak berimbas ke masa depan anak. Peran orangtua pada saat ini sangat diperlukan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghadapi anak yang berbohong.

1. Jangan Emosional

Sering kali saat mengetahui anaknya sedang berbohong orangtua langsung marah dan meluapkan emosi kepada anak. Ada baiknya orangtua menahan emosi saat mengetahui anak berbohong, tindakan memarahi anak malah akan jadi bumerang.

Anak justru akan merasa kalau orangtua tak mau mendengarkannya. Lebih baik tanyakan penyebab ia melakukan kebohongan.

2. Cari Tahu Penyebabnya

Bisa jadi anak berbohong karena mengikuti hal yang sering ia lihat. Mencontoh teman, saudara atau bahkan orangtuanya sendiri. Hal ini sangat penting dilakukan oleh orangtua. Jika sudah tahu penyebabnya maka orangtua bisa mengetahui langkah selanjutnya untuk mengatasi anak yang berbohong.

3. Bicarakan Berdua

Bicarakan masalah kebohongan ini kepada anak berdua saja. Hal ini akan membuat anak lebih terbuka kepada orangtua. Selain itu, perhatikan bahasa tubuhnya saat sedang berbicara berdua, apakah ia gelisah dan menunjukan perasaan bersalah terhadap apa yang sudah ia lakukan.

4. Jelaskan Efek Berbohong

Jelaskan secara sederhana kepada anak bagaimana efek yang akan terjadi ketika ia berbohong. Misalnya ia tak akan dipercaya oleh temannya, gurunya, saudaranya dan efek lainnya.

5. Hargai Sikap Jujurnya

Saat anak sudah menunjukan perubahan dan tidak berbohong lagi, hargailah perkembangan anak. Orangtua bisa memberi anak apresiasi dan pujian seperti bertepuk tangan, mengangkat jempol dan lain sebagainya.

6. Pupuklah kebiasaan Jujur pada Anak

Membentuk perilaku pada anak, pastinya membutuhkan pembiasaan yang konsisten dan terus-menerus. Pembiasaan ini dilakukan agar anak tetap mengingat perbuatan itu dan lama-kelamaan akan terbiasa untuk berkata jujur.

7. Tanamkan Nilai Agama

Dengan pemahaman ilmu agama yang cukup, maka anak akan mengetahui dengan sendirinya apakah berbohong merupakan hal yang buruk. Jangan lupa untuk selalu medampingi anak dalam belajar agama, berilah perhatian dan kasih sayang kepada anak.

Sumber : parenting.dream.co.id

3

Red: admin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini