Nasihat Amr bin Ash untuk Kebahagiaan Dunia dan Akhirat

0
175
Muslim men praying during Ramadan

PARENTINGISLAM.ID – – Sahabat Amr bin ash pernah mengabarkan tentang 5 hal yang apabila diamalkan membuat kita bahagia di dunia dan akhirat, yaitu :

1. Isilah Hari-Harimu dengan Dzikir

Ada amalan-amalan ringan yang dapat menjadi wasilah seorang muslim masuk ke surga, salah satunya adalah dengan berdzikir. Berbeda dengan puasa dan shalat yang pelaksanaannya dilakukan pada waktu-waktu tertentu, berdzikir ini tak terbatas waktu. Bahkan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

‘Laa ilaaha illallah, Muhammadur Rasulullah’ merupakan dzikir yang paling utama. Bahkan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Barangsiapa yang akhir perkataannya (sebelum meninggal dunia) Laa ilaaha illallah maka ia akan masuk surga” (HR Abu Daud, Ahmad dan Baihaqi)

2. Tatkala Ditimpa Musibah, Ucapkan

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ العَلِيِّ العّظِيْمِ

Inna lillahi wa inna ilaihi raajiun wa Laa haula wa laa quwwata illa billahil ‘aliyyil adzhim

Sesungguhnya kita milik Allah dan sesungguhnya kepada-Nya lah kita akan kembali, tidak ada daya dan upaya kecuali dengan (kekuatan) Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung

Kalimat ini merupakan pengakuan atas keterbatasan diri. Sebab pada hakikatnya manusia tak memiliki apapun dan Allah dapat mengambil nikmat-Nya dari hambanya kapan saja.

3. Ketika Diberi Nikmat, Ucapkan

Alhamdulillahi rabbil ‘aalamin’ merupakan ungkapan syukur seorang hamba kepada Allah. Dengan bersyukur, manusia diharapkan bisa menjauhi sifat sombong, sebab ia menyadari bahwa segala pencapaian yang didapatkannya merupakan pemberian Allah Swt.

4. Mulailah Segala Sesuatu dengan Membaca

Mulailah segala sesuatu dengan membaca ‘Bismillahirrahmanirrahim’. Ketika hendak melakukan perbuatan yang baik dan positif, disunnahkan memulainya dengan bismillah. Rasulullah Saw bersabda:

كُلُّ أمْرٍ ذِي بالٍ لا يُبْدأُ فِيهِ بِبِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ فَهوَ أقْطَعُ

Segala perkara baik yang tidak diawali dengan bismillahirrahmanirrahim, maka ia akan terpotong” (HR. Abdul Qodir ar-Rahawi)

5. Tatkala Berbuat Dosa, Maka Bertaubatlah

Setiap manusia tentu tak luput dari dosa, baik yang dilakukan melalui lisan maupun perbuatan. Oleh karena itu, hendaknya memperbanyak taubat dan istigfar, sebab Nabi Saw yang telah dijamin masuk surga pun beristigfar setiap hari 100 kali. Beristighfar-lah dengan mengucapkan ‘Astaghfirullahal adzhim wa atuubu ilaihi

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wahai manusia sekalian, bertaubatlah kepada Allah, karena sesungguhnya aku bertaubat (beristigfar) dalam sehari 100 kali.” (HR Muslim)

Sumber : islami.co

4

Red: admin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini