Cara Ampuh Menenangkan Si Buah Hati yang Menangis

0
264

PARENTINGISLAM.ID – – Bagi para ibu generasi milenial, mempersiapkan kelahiran si buah hati sama dengan mempelajari banyak ilmu. Mulai dari ilmu tentang gizi kehamilan, tahapan persalinan, ataupun tentang cara menyusui. Selain itu, para Bunda juga perlu mengetahui apa yang harus dilakukan ketika si kecil menangis.

Biasanya, ada 3 hal yang menjadi penyebab si kecil menangis, yaitu lapar, buang air, dan merasa tidak nyaman. Nah, beberapa cara berikut bisa Bunda coba untuk meredakan tangisan si kecil, setelah Bunda memastikan bahwa si kecil menangis bukan karena popoknya yang penuh, ya.

1. Menggendongnya

Jurus yang paling ampuh dalam menenangkan bayi menangis dari generasi terdahulu hingga sekarang adalah dengan menggendongnya. Bunda dapat menggendong sambal mengayunnya mengikuti gerakan tubuh Bunda, bersenandung, atau mengajaknya bicara.

2. Bersenandung atau menyanyi

Hampir semua budaya di dunia ini memiliki senandung untuk bayi atau lullaby. Bunda dapat bersenandung lullaby untuk menenangkan si kecil ataupun mengucapkan “ssshhh” secara berulang kali.

3. Menghiburnya

Bayi berusia di atas 3 bulan biasanya sudah bisa berinteraksi dengan orang tuanya. Hiburlah si kecil dengan gerakan cilukba, membacakan buku, atau menggunakan mainan yang menarik perhatiannya.

4. Memperdengarkan suara-suara

Perdengarkanlah suara-suara yang biasa didengarkannya sejak masih berada dalam kandungan, seperti suara shalawat, tilawah, dan lain sebagainya. Selain itu, Bunda juga bisa memperengarkannya suara-suara yang dapat menenangkannya seperti suara gemericik air dan debur ombak.

5. Meletakkan di bouncer, stroller, atau playmat

Kemudahan teknologi dapat membantu Bunda dalam menghadapi si kecil yang sedang menangis. Jika Bunda sedang dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk menggendong si kecil, maka Bunda bisa meletakkannya di baby bouncer, stroller, atau playmat.

6. Mengajak keluar rumah

Beberapa bayi sangat menyukai suasana di luar rumah. Ketika si kecil menangis, cobalah untuk menggendongnya keluar meskipun hanya di teras rumah. Jika cuaca di luar bersahabat, Bunda bisa menggunakan carrier atau stroller untuk berjalan-jalan keluar rumah. Siapa tahu, si kecil hanya bosan berada di kamarnya.

Sumber : ibupedia.com

4

Red: admin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini