Cara Jitu Membangun Kedekatan dengan Anak Remaja

0
506

PARENTINGISLAM.ID – – Banyak orang tua yang mengeluhkan sikap anaknya yang berbeda ketika ia mennginjak usia remaja. Anak jadi lebih suka menghabiskan waktu dengan teman-temannya, belum lagi gaya komunikasi mereka juga sangat berbeda dari sebelumnya.

Beberapa orang tua bahkan mengeluhkan bahwa mereka merasa semakin jauh dengan anak remajanya. Namun, hal ini sebenarnya bisa dicegah jika orang tua aktif dalam melakukan penyesuaian dengan perubahan anak dan melakukan pendekatan.

Berikut langkah-langkah yang bisa orang tua lakukan untuk membangun kedekatan dengan anak remaja.

1. Biarkan Anak Mandiri

Orang tua harus menerima kenyataan bahwa anak sudah semakin besar dan tidak bisa terus bergantung kepada orang tuanya. Mereka sudah bisa bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Dan jika mereka melakukan suatu kesalahan, biarkanlah anak untuk  belajar dari pengalaman tersebut. Dan sebagai orang tua, kita hanya cukup memanntau agar anak tidak bersikap di luar batas.

2. Memulai Rutinitas Baru

Ketika anak sudah beranjak dewasa, ia sudah tidak mau lagi dicium atau dipeluk. Cobalah tunjukkan kasih sayang Bunda dengan cara lain, seperti membuatkan bekal, menaruh notes kecil, atau hal-hal lain yang ia sukai.

3. Berperan di Waktu yang Tepat

Anak remaja mungkin akan sering menolak ajakan untuk menghabiskan waktu bersama orang tua. Namun, ada momen-momen dimana ia sangat membutuhkan kehadiran orang tuanya ketika ia merasa sedih ataupun kecewa. Pada saat itulah peran Bunda sebagai orang tua sangat dibutuhkan bagi anak. Oleh karena itu, usahakanlah untuk selalu hadir setiap anak sedang ada masalah/merasa sedih/kecewa.

4. Anak Butuh ‘Waktu Bebas’

Kebanyakan orang tua berharap bahwa kesibukan anak, seperti les, organisasi, dan sekolah bisa menjadi ‘pagar aman’ agar mereka tak terjerumus ke hal-hal yang negatif. Namun, hal ini juga harus diimbangi dengan kebutuhan anak dalam menikmati waktunya sendiri dan mengksplorasi serta mencari tahu apa yang diinginkannya.

Memang, di usia remaja anak butuh banyak kegiatan positif, namun penting juga bagi mereka untuk menikmati waktunya sendiri. Studi menunjukkan bahwa anak yang aktivitas sehari-harinya dibuat oleh orang tua akan merasa kewalahan dan tertekan. Efeknya, anak memiliki masalah perilaku dan emosi.

Sumber : parenting.dream.co.id

3

Red: admin