Ini Hal yang Bisa Bunda Lakukan Ketika Kakak-Adik Bertengkar

0
367

PARENTINGISLAM.ID – – Hubungan kakak adik memang merupakan hubungan yang bisa dibilang ‘panas dingin’. Karena bisa saja mereka begitu akrab di satu hari, tapi bisa jadi keesokan harinya menjadi musuh abadi.

Pemicunya pun beragam, tapi umumnya hanya disebabkan oleh hal kecil. Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk mendinginkan suasana. Hm, apa saja ya?

1. Buat Si Kakak Perhatian pada Adiknya

Sebenarnya, kunci kerukunan kakak-adik berada pada anak yang lebih tua. Jika dia bisa lebih mengalah atau memberi perhatian, si adik pun lama-lama akan paham dan menurunkan tensinya sendiri. Sebagai orang tua, cobalah untuk membuat si kakak lebih sayang dan perhatian kepada adiknya.

2. Jangan Ikut di Perdebatan Keduanya

Sebagai orang tua sebaiknya jangan ikut di perdebatan keduanya. Cobalah memberi kesempatan pada anak untuk menyelesaikan masalahnya berdua. Namun, ketika mereka memang butuh bantuan Bunda, berilah arahan kepada mereka dalam memberikan solusi.

3. Hindari Membandingkan Kakak dan Adik

Ini merupakan salah satu kesalahan umum yang dilakukan orang tua. Mungkin saja maksudnya baik. Namun, justru keberpihakan orang tua pada salah satu anak justru akan membuat keduanya semakin panas.

Beberapa orang tua seringkali tidak menyadari bahwa kalimat yang dia ucapkan dapat mengecilkan hati anak. Salah satunya yaitu saat orangtua mulai membandingkan anaknya. Karena hal tersebut berpotensi menimbulkan efek negative pada anak, seperti menurunkan rasa percaya diri, menimbulkan kecemburuan dan konflik, dan memunculkan pikiran negative.

Sumber : parenting.dream.co.id

3

Red: admin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini