Kapan, Ya Waktu Do’a yang Paling Didengar?

0
393

PARENTINGISLAM.ID – – Setiap umat muslim pasti menginginkan agar doanya dapat didengar dan dikabulkan oleh Allah subhanahu wa Ta’Ala. Tapi, apakah Sahabat tahu kapan waktu yang paling mannjur agar doa kita dapat didengar oleh Allah?

Dalam hadits dikatakan : Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, berkata, “Ditanyakan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Doa apa yang paling didengarkan?’ Beliau bersabda, ‘Doa pada pertengahan malam terakhir dan pada setiap selesai shalat wajib.’” (HR. Tirmidzi)

1. Doa pada Malam Hari

Waktu malam memang biasanya menjadi waktu terbaik untuk mencurahkan keluh kesah kepada Allah, karena suasananya yang begitu tenang.

Dalam hadits dikatakan : Jabir radhiyallahu ‘anhu berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Sesungguhnya pada malam hari itu ada satu waktu yang tidaklah seorang muslim tepat pada waktu itu meminta kepada Allah kebaikan perkara dunia dan akhirat, melainkan Allah pasti memberikannnya kepadanya. Dan waktu itu ada pada setiap malam.” (HR. Muslim)

2. Pada Waktu Sahur

Allah juga memuji orang-orang yang beristighfar pada waktu sahur. Allah berfirman,

كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

Di dunia mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam. Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar.” (QS. Adz-Dzariyat: 17-18)

3. Di Sepertiga Malam

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Rabb kita tabaroka wa ta’ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata: ‘Siapa yang berdoa pada-Ku, aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun pada-Ku, pasti akan Kuampuni’.” (HR. Bukhari & Muslim)

4. Pada Separuh Malam Terakhir

Berdoa pada separuh malam terakhir lebih afdal dan lebih diharapkan terkabul berdasarkan hadits berikut, “Tidak termasuk orang yang fakih (berilmu), siapa saja yang memiliki hajat kepada Allah, lantas ia asyik tidur pada waktu sahur (enggan berdoa saat itu).” (Dinukil dari Bahjah An-Nazhirin)

5. Pada Ba’da Shalat

Berdoa setelah melaksanakan shalat masih sangat dianjurkan (usahakanlah berdoa setelah melakukan dzikir), walau hanya dengan mengangkat tangan.

Allah berfirman,

فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ

Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain” (QS. Alam Nasyrah: 7)

Maksud dari penggalan ayat tersebut adalah jika engkau telah selasai shalat, maka sungguh-sungguhlah dalam berdoa.

Sumber : rumaysho.com

3

Red: admin