Ingin Si Kecil Tambah Pintar? Coba Tips Berikut, Yuk!

0
821

PARENTINGISLAM.ID – – Semua orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang pintar. Maka, tidak heran jika orang tua mulai mengasah kemampuan berpikir anak sejak usia dini. Namun, pengajaran di sekolah saja tidak cukup, lho untuk meningkatkan kemampuan berpikir anak. Diperlukan peran orang tua dan aktivitas yang dapat memicu kemampuan berpikir si kecil.

Berikut ini merupakan tips untuk menambah kemampuan berpikir anak dalam kegiatan/aktivitas sehari-hari.

1. Beri Kesempatan Bermain Sendiri

Bermain merupakan cara si kecil untuk belajar. Melalui bermain, ia dapat mengasah kemampuan berpikir serta kreativitasnya. Misalnya, saat menuangkan air ke gelas, ia akan belajar jika air yang dimasukkan terlalu banyak maka air bisa tumpah. Dari sini, anak bisa belajar mengenai aksi dan reaksi.

Hal-hal tersebut tentu sangat sederhana, namun sangat efektif bagi perkembangan anak.

2. Jangan Terburu-Buru Membantu

Jangan terburu-buru membantu si kecil dalam setiap masalah, dengan membiarkannya mencari jalan keluar sendiri dapat berdampak positif bagi perkembangan anak. Kebanyakan orang tua selalu memberikan bantuan kepada anak, dan itu akan menumpulkan kemampuan problem solving anak. Berikanlah bantuan kepada anak seadanya, seperti memberi petunjuk, atau pertanyaan pancingan untuk memudahkannya dalam mencari solusi.

3. Gunakan Pertanyaan Terbuka

Pertanyaan terbuka (open-ended questions) adalah pertanyaan yang tidak bisa dijawab hanya dengan jawaban ‘ya’ atau ‘tidak’. Pertanyaan terbuka dapat mengakomodir ide anak yang beragam, mendorong kemampuan berpikir kreatif, serta mengasah perkembangan anak di bidang bahasa.

4. Bantu Membuat Hipotesis

Bunda bisa membantunya dalam membuat hipotesis, seperti bertanya kepada anak, “Menurutmu, mengapa bisa begitu?” Selain itu, hargai juga jawaban anak meskipun kurang tepat dan beri penjelasan pada anak dengan bahasa yang mudah dimengerti. Belajar membuat hipotesis seperti ini dapat mengasah aspek kognitif perkembangan anak.

5. Melihat dari Sudut Pandang Berbeda

Cara lain untuk mengasah kemampuan berpikir si kecil adalah dengan mengajaknya melihat dari sudut pandang yang berbeda. Cobalah beri pertanyaan seperti, “Bisa nggak ya kita mencobanya dengan cara yang lain?” Pertanyaan seperti ini dapat melatih kreativitasnya dalam melakukan sesuatu dan mengajarkan ia bahwa selalu ada berbagai macam cara untuk melakukan sesuatu.

Sumber : ibupedia.com

3

Red: admin