Si Kecil Memasuki Usia 2 Tahun, Sudah Bisa Ngapain Aja, Ya?

0
152

PARENTINGISLAM.ID – – Menyenangkan sekali rasanya melihat si kecil tumbuh semakin besar dan menggemaskan. Sekarang ia sudah bisa berceloteh, meskipun pengucapannya belum sempurna, dan selalu memamerkan apa yang ia buat kepada ayah dan ibunya.

Apa saja ya yang sudah bisa dilakukan si keci? Yuk, simak perkembangan anak usia 2 tahun yang semakin menggemaskan.

1. Kemampuan Motorik Kasar

Si kecil sekarang sudah semakin aktif. Ia sudah mulai senang berlari, melompat dengan dua kaki, naik-turun tangga dengan berpegangan, naik-turun kursi/tempat tidur tanpa bantuan, menendang bola, menangkap bola, berjinjit, berjalan sambal membawa mainan berukuran besar, dan naik sepeda roda tiga.

2. Kemampuan Motorik Halus

Salah satu kemampuan motorik halus si kecil adalah ia sudah mampu menggunakan alat tulis. Selain itu, ia sudah bisa menyusun 4 balok atau lebih, membuka halaman buku lembar perlembar, membuka toples dan menuang keluar isinya, memutar kenop pintu, menyambungkan balok (seperti lego), meronce manik-manik, membuka kancing berukuran besar, mampu menggunakan garpu, dan mampu menggunting tepi kertas.

3. Kemampuan Bahasa

Selain itu, kemampuan bahasa si kecil pun semakin meningkat seiring dengan perkembangan usianya. Ia sudah bisa memahami pertanyaan dan instruksi sederhana, menunjuk benda/gambar sesuai namanya, menyebutkan namanya/anggota keluarganya, menyebut nama-nama benda, membuat dialog dengan minan, suka mendengar cerita yang sama secara berulang, dan selalu meminta perhatian orang dewasa, seperti, “Ibu, lihat!”

4. Kemampuan Sosial Emosional

Perkembangan si kecil dalam sosial emosional juga semakin meningkat, salah satunya adalah aspek kemandirian. Ia sudah mulai sadar akan perasaannya dan suasana hatinya, takut pada situasi tertentu mulai menunjukkan rasa malu, ingin mandiri tapi minta didampingi, dan sudah mulai bisa berpisah dengan orang tuanya.

5. Kemampuan Kognitif

Jika dilihat secara kognitif, anak sudah bisa mengelompokkan benda berdasarkan warna/bentuknya. Selain itu, ia juga dapat memahami cerita sederhana, bermain peran dengan boneka, mengenali dirinya di cermin, dan mampu menyusun berdasarkan urutan besar hingga kecil.

Sumber : ibupedia.com

3

Red: admin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini